Telkomsel Sediakan Akses Internet 4.5G di 9 Kota

Telkomsel Sediakan Akses Internet 4.5G di 9 Kota

3490

IMG_20161210_58887Jakarta, Selular.ID – Telkomsel bersama Ericsson, Huawei, Nokia, dan ZTE sebagai mitra penyedia teknologi dan jaringan mengimplementasikan teknologi 4.5G di sembilan kota di Indonesia.

Kini pelanggan dapat merasakan pengalaman menggunakan layanan mobile broadband dengan teknologi terkini di 11GraPARI yang ada di Medan, Jakarta, Bandung, Denpasar, Mataram, Pontianak, Makassar, Manado, dan Ambon.

Direktur Network Telkomsel Sukardi Silalahi mengatakan, “Penerapan teknologi 4.5G kali ini dan uji coba teknologi seluler 1 Gbps yang kami lakukan baru-baru ini merupakan tahapan menuju diimplementasikannya teknologi 5G di Indonesia.”

Teknologi 4.5G yang diimplementasikan Telkomsel memanfaatkan teknologi Long Term Evolution (LTE) di spektrum frekuensi 1.800 MHz dengan lebar pita 20 MHz yang dikombinasikan dengan teknologi 4X4 MIMO. Penggabungan teknologi tersebut memungkinkan akses data melalui teknologi 4.5G lebih cepat hingga dua kali lipat daripada teknologi 4G serta latensi yang sangat rendah, kurang dari 10 milidetik dibandingkan teknologi 4G.

Baca Juga:  Di ajang MWC 2017, Layanan Berbasis 5G Mulai Menemukan Bentuknya

Kesebelas GraPARI yang sudah diperkuat teknologi 4.5G adalah GraPARI Merah Putih Medan, GraPARIGandaria City, GraPARI Pondok Indah Mall 3, GraPARIAlia (Jakarta), GraPARI Banda Bandung, GraPARIMatahari Galleria Denpasar, GraPARI Mall Epicentrum Mataram, GraPARI TTC Pontianak,GraPARI Makassar, GraPARI Manado, dan GraPARISitanala Ambon.

Di masing-masing GraPARI, Telkomsel telah menyediakan experience booth yang dilengkapi dengan customer-premises equipment (CPE) berupa device yang sudah mendukung teknologi 4.5G dan televisi LCD. Pelanggan dapat merasakan pengalaman menggunakan layanan mobile broadband berbasis teknologi 4.5G langsung daridevice tersebut. Di samping itu, pelanggan juga bisa melakukan perambatan (tethering) dengan cara menghubungkan device pelanggan dengan device4.5G memanfaatkan akses WiFi.

Komitmen Telkomsel dalam menyediakan jaringan broadbandyang handal juga dapat dilihat dari tergelarnya lebih dari 5.200 eNode B (BTS 4G) yang melayani lebih dari 12 juta pelanggan 4G LTE di lebih dari 180 kota kabupaten di Indonesia hingga saat ini.

URL: http://selular.id/E89wqf