Beli Lagu di iTunes Dapat Cashback Hingga 99 Persen

Beli Lagu di iTunes Dapat Cashback Hingga 99 Persen

827

Indra Yonathan 3

Jakarta, Selular.ID – Saat ini banyak sekali situs di internet yang memberikan layanan download musik digital (mp3), namun sebagian besar situs-situs tersebut adalah ilegal, karena lagu yang dapat diunduh di situs tersebut tidak mempunyai izin dari pemilik hak cipta. Padahal, setiap orang yang berkarya pasti ingin dihargai karyanya, begitu juga para musisi. Mereka juga ingin hasil karyanya dihargai.

Untuk menjadi konsumen cerdas diperlukan kesadaran untuk membiasakan diri mengonsumsi atau membeli hanya produk-produk asli dan legal agar tidak merugikan pihak produsen, selain tentunya supaya mendapatkan jaminan kualitas terbaik. Saat ini pasar industri musik tergerus siginifikan dan mengalami kerugian besar akibat pembajakan dan pengunduhan ilegal melalui internet.

Merujuk informasi yang pernah disampaikan oleh Asosiasi Industri Rekaman Indonesia (ASIRI)2, sejak 2007 industri musik bajakan telah menguasai 95,7 persen pasar dan kerugian yang ditimbulkan mencapai Rp4 triliun. Untuk mulai mengkampanyekan budaya cinta produk asli dan legal ini, ShopBack memberikan cashback untuk pembelian musik sepanjang Harbolnas 2016 ini.

“Mengambil momentum terselenggaranya Hari Belanja Online Nasional 2016 yang mendapat respon sangat antusias oleh mayoritas konsumen Indonesia (86,7 persen) dan melalui Festival Belanja Super Cerdas yang salah satunya adalah ShopBack Music Shop Fest, kami mengajak konsumen Indonesia untuk bersikap dan berperilaku anti-ilegal, serta turut berkontribusi meningkatkan kembali gairah industri musik Indonesia dalam ranah digital buying. Sebagai bentuk apresiasi dari ShopBack untuk industri musik Indonesia, kami menyediakan cashback sebesar 99 persen mulai 12-14 Dec untuk setiap pembelian karya musik legal di iTunes melalui ShopBack,” seru Indra Yonathan, Country Manager ShopBack Indonesia.

Baca Juga:  Berumur Setahun, Shopback Tekan Biaya Belanja Online Hingga Rp30 Miliar

Pemberian cashback 99 persen untuk belanja musik online juga diharapkan mampu menumbuhkan minat belanja konsumen e-commerce untuk kategori produk ini, sebab berdasarkan survei perilaku konsumen online Indonesia yang diselenggarakan ShopBack ditemukan fakta bahwa pembelanja musik online masih sangat rendah. Hanya 16,30 persen konsumen yang menyatakan pernah membeli musik secara online, sementara 83,70 persen konsumen menginformasikan belum pernah melakukannya. Namun ironisnya, ketika ditanyakan apakah pernah mengunduh musik secara ilegal, separuh lebih konsumen (54,10 persen) mengaku pernah melakukannya dan 45,90 persen konsumen belanja online mengatakan tidak pernah.

Lalu, apa alasan yang melatarbelakangi konsumen melakukan hal-hal di atas? Hampir separuh dari total responden (44,4 persen) menyebut harga yang terlalu mahal sebagai penyebabnya. Alasan lainnya, 27,8 persen konsumen menyatakan tidak memiliki kartu kredit untuk membeli, 25,2 persen berdalih proses pembeliannya cukup rumit, dan 21,9 persen mengaku tidak tahu di mana harus membeli musik legal secara online. Konsumen akan mempertimbangkan membeli musik secara legal jika alasan-alasan tersebut terjawab, plus keputusan belanja musik online juga akan dipengaruhi oleh pilihan pembayaran (31,5 persen) dan tersedianya pilihan lagu serta album yang banyak (41,4 persen).

URL: http://selular.id/qFT7Is