Layanan Kesehatan dan Akses Permodalan Jadi Kunci Penguatan Masyarakat Mikro

Layanan Kesehatan dan Akses Permodalan Jadi Kunci Penguatan Masyarakat Mikro

1508

sehat sasarenganJakarta Selular.ID – Layanan kesehatan dan akses permodalan diyakini menjadi kunci penguatan masyarakat mikro di Indonesia. seperti diketahui Pemerintah  Indonesia menargetkan tingkat kemiskinan menurun ke angka 8-10 persen pada akhir tahun 2016.

Untuk mencapai target itu, Pemerintah melaksanakan program penanggulangan kemiskinan yang dikelompokkan dalam 3 klaster. Mulai dari penanggulangan kemiskinan berbasis keluarga, seperti bantuan kesehatan, pendidikan dan juga program keluarga harapan (PKH); Kemudian penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan masyarakat seperti PNPM Mandiri; dan terakhir penanggulangan kemiskinan berbasis usaha mikro dan kecil.

Untuk membantu program pemerintah tersebut, perusahaan teknologi keuangan, Amartha bekerja sama dengan WeCare.id, platform crowdfunding menghadirkan program “Sehat Sasarengan” yang menawarkan akses layanan terpadu untuk pasien dan keluarganya dalam menciptakan keluarga yang sehat dan sejahtera.

Pelaksanaan program ini juga didukung oleh CIMSA Nasional, project  lembaga Independen yang diinisiasi Mahasiswa Kedokteran Indonesia serta Health Empowerment and  Education Empowerment Project (HEUP), sebuah organisasi kesehatan yang diiniasi oleh dokter dokter muda alumni Universitas Padjadjaran.

Aria Widyanto, Vice President dan Head of Product Amartha menyampaikan, 8 dari 10 orang di Indonesia masih belum memperoleh akses ke layanan perbankan, termasuk para pengusaha mikro yang tinggal di pelosok pedesaan.

“Saat ini, kami berkomitmen untuk menjangkau mereka dengan mempertemukan mereka dengan para pemilik modal lewat platform P2P Lending kami di amartha.com. Kerjasama Sehat Sasarengan ini memberikan nilai lebih untuk para mitra usaha mikro Amartha, agar selain sejahtera, mereka juga mampu meningkatkan taraf kesehatan di keluarganya. Kami melihat semangat yang sama dalam mewujudkan inclusiveness di seluruh lapisan masyarakat Indonesia,” kata Aria.

Sementara itu, menurut Mesty Ariotedjo, Co Founder WeCare.id, hampir seluruh pasien yang digalangkan dananya melalui platform WeCare.id memiliki tingkat pemasukkan dibawah UMR. Hal ini menjadi suatu area yang harus dipikirkan dan gali, inovasi apa yang tidak hanya ‘menyembuhkan’ pasien dari penyakit yang ia hadapi? Namun juga memerdekakan dirinya sebagai individu produktif dan memiliki kapabilitas ekonomi.

“Kerjasama Sehat Sasarengan bersama Amartha akan memberikan manfaat yang lebih besar bagi para pasien dalam ensuring aspek aspek yang lebih luas dalam penyejahteraan hidup pasien, dari kesehatan sampai ke pemberdayaan ekonomi,” ucapnya.

Program Sehat Sasarengan ini akan di adakan tanggal 25 September 2016 di Desa Ciparay, Cangkuang, dan Pangalengan, Jawa Barat. Layanan cek kesehatan, penyuluhan kesehatan, serta sosialisasi peran pemberdayaan ekonomi akan ditujukan kepada masyarakat di ketiga Desa tersebut secara gratis. Kedepannya, program ini akan diadakan pula di berbagai daerah, desa desa pelosok di Indonesia.

URL: http://selular.id/SFDMXk