Keamanan Data Menjadi Fokus Dalam Uji Coba Google Loon

Keamanan Data Menjadi Fokus Dalam Uji Coba Google Loon

Jakarta, Selular.ID – Rencana uji coba Google Loon di Indonesia untuk menyebarkan koneksi internet ke daerah-daerah terpencil hingga saat ini belum dapat dilakukan. Bukan masalah teknis, tetapi terkait izin pelaksanannya yang belum sepenuhnya didapatkan.

Padahal, pemerintah dan operator selular telah menyambangin Kantor Google di Mountain View, Silicon Valley, tahun lalu untuk menerbangkan balon tersebut di langit Indoensia pada tahun 2016.

Hal itu diungkapkan Ilham Habibie, Vice Chairman for ICT Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonsia baru-baru ini, dijelaskan dia tantangan yang dihadapi dalam ujicoba Google Loon di Indonesia sebenarnya bukan pada teknologi yang diterapkan, tetapi lebih kepada kejelasan tentang hak atas kepemilikan data konsumen.

“Kalau saya lihat, tantangan teknisnya akan bisa kita selesaikan. Kekhawatirannya itu justru di datanya. Karena ada balon di atas, bagaimana dengan datanya? Bagaimana memastikan data-data itu aman, tidak dibawa ke mana-mana,” ujar Ilham.

Ilham mengatakan, di negara mana pun Google Loon hingga saat ini belum berhasil diterapkan, baru sebatas uji coba saja. Di berbagai negara juga belum ada kejelasan mengenai hak atas kepemilikan data maupun bisnis prosesnya.

Sebelum Project Loon benar-benar resmi diuji coba, pemerintah terkait, dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk memperhatikan pengolahan data bila Project Loon mulai mengudara di atas permukaan Indonesia.

Meski demikian, Ilham mendukung pemerintah tetap menguji teknologi tersebut di Tanah Air segera, namun tak juga melupakan soal pengolahan data nantinya. “Kita coba dulu, soal teknis dulu, setelah itu berjalan paralel dengan mengolah datanya bagaimana,” tambahnya.

URL: http://selular.id/MKRl9Q