Soal Project Loon, Rudiantara: Saya Harap Terealisasi Tahun Ini

Soal Project Loon, Rudiantara: Saya Harap Terealisasi Tahun Ini

SHARE

RudiantaraJakarta, Selular.ID – Kabar bakal dilakukannya uji coba Project Loon di Indonesia sejatinya sudah berembus sejak beberapa waktu lalu. Hal itu pasca tiga operator besar Nasional, Telkomsel, Indosat dan XL Axiata melakukan inisiatif kerjasama dengan Google dalam Project Loon.

Menyinggung soal uji coba Project Loon di Indonesia, Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, mengatakan bahwa pihaknya masih menunggu dari tim termasuk dari Google. “Karena kan Google sedang mengurus izin-izin, salah satunya Izin lintas udah dari Kementerian Perhubungan,” ujar Rudiantara di sela-sela acara Google for Indonesia yang digelar hari ini (09/08).

Sementara dari sisi operator sendiri, meski mengaku belum mendapatkan update informasi, namun berdasarkan hasil pembicaraan dengan operator, Rudiantara menyatakan bahwa lokasi-lokasi untuk uji coba tersebut sudah dialokasikan ke setiap operator.

“Untuk Indosat di sebelah mana, untuk telkomsel di sebelah mana, XL di sebelah mana,” bebernya.  Tak ayal, Rudiantara pun berharap uji coba Project Loon di Indonesia bisa terealisasi tahun ini.

“Saya berharap (tahun ini) terealisasi, namanya uji coba. Orang TV digital saja sudah uji coba sejak kapan. Kita tuh harus terbuka dengan teknologi yang baru, justru kita harus duduk bersama, lihat agar benefitnya (dari teknologi) itu masyarakat,” kata menteri yang kerap disapa Chief RA ini.

Project Loon sendiri merupakan program yang digagas oleh Google Inc. di mana teknologi yang diusung bertujuan untuk menyebarkan koneksi internet di daerah-daerah terpencil yang tak terjangkau oleh koneksi internet kabel maupun sinyal dari operator selular. Dalam menyebarkan koneksi internet  Project Loon menggunakan balon udara bertenaga matahari yang akan mengudara di ketinggian sekitar 20 km di atas permukaan laut yang befungsi layaknya menara pemancar.

URL: http://selular.id/nkwkIl