Ini Upaya Oracle untuk Majukan Pendidikan Ilmu Komputer di Indonesia

Ini Upaya Oracle untuk Majukan Pendidikan Ilmu Komputer di Indonesia

1372

oracle picJakarta, Selular.ID – Tidak melulu fokus pada urusan bisnis, Oracle juga memiliki komitmen untuk memajukan pendidikan Ilmu Komputer di Indonesia. Melalui kolaborasinya dengan Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, dan Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komputer (APTIKOM) Indonesia, Oracle Academy memberikan pelatihan ilmu komputer bagi para guru dan dosen.

Melalui kerjasamanya dengan Direktorat Pembinaan SMK, Oracle Academy akan memberikan pelatihan pada hingga 3.000 guru dari lebih dari 900 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) selama tiga tahun, dengan harapan bisa menjangkau hingga 260.000 mahasiswa Indonesia setiap tahunnya. Sedangkan bagi dosen, berdasarkan perjanjian dengan APTIKOM, Oracle akan melatih 1.600 dosen dari perguruan tinggi lokal dan universitas di seluruh Indonesia. Harapannya adalah mampu menjangkau hingga 60.000 mahasiswa tiap tahunnya.

Pelatihan yang diberikan oleh Oracle Academy akan mencakup ilmu Java Fundamental, Java Foundation, Java Programming, Database Foundation, Database Design dan Pemrograman dengan SQL, dan Programming dengan PL / SQL. Kurikulum Oracle Academy memungkinkan guru untuk mengajarkan konsep-konsep ilmu komputer untuk mahasiswa menggunakan software terkemuka di industri, dalam lingkungan hands-on, sehingga membantu mahasiswa untuk siap terjun di dunia karir.

Seperti diungkap Damian Haas, Direktur, Oracle Academy Asia Pasifik dan Jepang, Oracle Academy didedikasikan untuk memperluas jangkauan pendidikan ilmu komputer bagi guru dan mahasiswa di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Baca Juga:  Adopsi Cloud Meningkat, Tapi Indonesia Masih Saja Terbentur Regulasi?

“Dengan Oracle Academy, pendidik Indonesia memiliki akses ke sumber daya pendidikan ilmu komputer terkemuka, termasuk semua kurikulum akademik, guna meningkatkan pengetahuan mereka dan memungkinkan mereka untuk menyediakan keterampilan industri dan keahlian yang relevan pada mahasiswa,” lanjutnya.

Sejurus dengan itu, Drs. M. Mustaghfirin Amin, MBA, Direktur Pembinaan SMK dari Direktorat Pembinaan SMK (DTVE), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Republik Indonesia, mengatakan bahwa tujuan utama dari kerjasama kami dengan Oracle Academy adalah untuk membekali guru dan pelajar Indonesia dengan pengetahuan ilmu komputasi berkualitas tinggi dan keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan Masyarakat Ekonomi ASEAN di tahun 2016

“Kami memuji Oracle Academy karena secara aktif menciptakan program yang dapat mendidik, memajukan dan menjadi batu loncatan menuju kesuksesan visioner di masa yang akan datang,” katanya lagi.

Sementara APTIKOM yang diwakili oleh Presidennya, Profesor Zainal Hasibuan, Ph.D, menilai bahwa perguruan tinggi lokal dan universitas perlu memiliki tenaga pengajar yang terlatih dalam bidang teknologi modern dan keahlian yang relevan dengan industri.

‚ÄúProgram-program Oracle Academy mengajarkan pengetahuan ilmu komputer dan keterampilan yang menawarkan mahasiswa nilai tambaha ketika mereka memasuki pasar kerja, dan ketika mahasiswa kami melakukan usaha ekstra untuk mencapai sertifikasi industri Oracle, hal ini bisa memajukan Indonesia dan program IT kami,” lanjutnya.

URL: http://selular.id/2TsGmJ