Musisi dan Label Musik Galang Kekuatan Serang YouTube

Musisi dan Label Musik Galang Kekuatan Serang YouTube

1490

youtube

Jakarta, Selular.ID – Industri musik yang terdiri dari para musisi dan label musik tengah menggabungkan kekuatan untuk melawan dominasi Youtube. Terutama yang berkaitan dengan hak cipta hasil karya musik mereka.

 

Musisi seperti Katy Perry, Billy Joel, telah mengirimkan petisi di awal tahun ini kepada Lembaga Hak Cipta U.S untuk mengubah Undang-Undang Hak Cipta yang telah dibuat. Dan sekarang, mengikuti dua jejak musisi tersebut, Paul McCartney, Taylor Swift dan U2 pun megirimkan surat terbuka yang ditujukan kepada Kongres terkait penuntutan pengubahan Undang-Undang atas Hak Cipta.

 

Label musik seperti BMI, Sony Music dan Universal Music Group pun juga mendukung petisi tersebut dan akan menampilkannya dalam iklan di situs politik seperti Politicio dan The Hill. Memang, surat yang dibuat tidak secara blak-blakan tertuju kepada Youtube, namun platform besar tersebutlah yang sebenarnya menjadi tujuan utama.

Baca Juga:  XL Berikan Akses Gratis YouTube dan Genflix

 

“Jika Anda adalah salah satu label besar, dan tetap menjalankan bisnis bersama Youtube dengan cara lama, maka itu menjadi kabar buruk bagi semua orang yang menandatangani surat tersebut,” tutur Irving Azoff selaku organisator dari campaign tersebut. “Saya akan terkejut, setelah mendukung semua artis yang ada di dalam surat ini, jika label-label besar ini nyatanya akan berpindah arah dan malah menjadi ekstensi untuk Youtube.”

 

Inti dari perdebatan yang muncul adalah musisi dan label merasa bahwa hukum telah memungkinkan Youtube untuk menjadi “pemilik” dari lagu-lagu yang dibuat tanpa adanya kompensasi terhadap musisi dan label. Akan tetapi, Youtube berpendapat bahwa ia telah memberikan solusinya dengan membuat sebuah sarana untuk menemukan konten tanpa izin. (edk)

URL: http://selular.id/GXQ1bw