Bos Indosat Ooredoo Masih Penasaran dengan Project Loon

Bos Indosat Ooredoo Masih Penasaran dengan Project Loon

1816

image

Jakarta, Selular.ID – Untuk pemerataan akses internet ke seluruh wilayah Indonesia khususnya daerah yang sulit dijangkau infrastruktur telekomunikasi, beberapa waktu lalu beberapa operator selular di Indonesia sepakat melakukan uji coba balon Google di Indonesia (project loon).

Namun kenyataannya hingga kini uji coba tersebut urung dilaksanakan dengan berbagai pertimbangan. Beberapa hal teknis dan permasalahan teritori jadi permasalahan yang mendera. Hal tersebut diungkapkan Alex Rusli, President Director dan CEO Indosat Ooredoo pada forum Jakarta Foreign Correspondents Club di Jakarta (27/4/2016).

Hingga saat ini diakui Alex semua operator masih penasaran apakah balon Google inibbisa jadi solusi. “Saya sendiri juga sangat penasaran akan seperti apa nantinya proyek ini,” ungkapnya.

Baca Juga:  Indosat Ooredoo Bawa Batik Indonesia ke Pentas Global

Alex menjelaskan bahwa untuk mennyebarkan akses internet ini balon google akan mengudara di ketinggian 40 ribu kaki yang artinya mempunyai jarak 10 ribu di atas batas ketinggian pesawat terbang. Permasalahannya ketinggian tersebut akan berhubungan juga dengan batas wilayah suatu negara sehingga secara perijinan memiliki tantangan tersendiri.

Kemudian secara teknis, balon-balon yang mengudara tersebut akan terhubung satu sama lain diudara dengan menggunakan laser dengan jarak antar balon sepanjang 60km.

“Itu kan menghubunginya dengan laser dari jarak 60 km sementara di ketinggan tersebut angin juga kencang. Jadi susah sekali,” pungkas Alex

URL: http://selular.id/4wWeBH