Serunya Ngobral ‘Start Your Business with Social Media’ di Gunadarma (Bag. 1)

Serunya Ngobral ‘Start Your Business with Social Media’ di Gunadarma (Bag. 1)

SHARE

edi-kurniawanJakarta, Selular.ID – Seperti diinformasikan sebelumnya, acara Ngobral (Ngobrol Bareng Selular) yang digelar di Kampus Gunadarma, Kalimalang, membahas tema menarik ‘Start Your Business with Social Media’. Acara yang dipadati peserta yang tak lain mahasiswa Gunadarma itu begitu semarak. Mereka juga antusias menyimak berbagai paparan yang disajikan pembicara.

Edi Kurniawan, Managing Editor Selular, yang menjadi pembicara pertama dari acara tersebut memaparkan kekuatan media sosial dalam hal kecepatannya menyajikan informasi yang bahkan saat ini bisa lebih cepat ketimbang televisi. Sebagai contoh, adalah kasus ledakan di Sarinah, di mana informasinya dalam hal ini ini foto-foto kejadian lebih cepat tersebar melalui sosial media.

Bukan cuma dari sisi kecepatan informasinya saja, pengguna sosial media yang dari segi angka juga terbilang sangat banyak menyimpan potensi bisnis menarik yang bisa digali. Mengacu pada sejumlah data yang dirilis beberapa waktu lalu, angka pengguna sosial di Indonesia sudah menyentuh angka 74 juta pengguna.

“Dari total penduduk Indonesia yang 255,5 juta orang, sudah ada sekitar 72,2 juta orang pengguna internet aktif dan ada sekitar 74 juta pengguna sosial media yang aktif (jumlah akun social media yang aktif, satu orang bisa punya akun social media lebih dari satu),” kata Edi.

Secara umum Edi juga memaparkan bahwa berdasarkan data, ada sekitar 64 juta pengguna yang aktif bersosial media melalui handset. “Data-data ini sudah mencerminkan bagaimana sosial media sudah menjadi lahan yang sangat potensial bagi kita untuk berbisnis. Bahwa ada puluhan juta pengguna yang matanya melihat ke sosial media,” lanjutnya.

Adapun dari sisi demografi, jika dilihat dari usia pengguna yang paling banyak mengakses internet di Indonesia adalah usia antara 18 sampai 25 tahun itu mendominasi dengan angka 49 persen. Disusul kemudian pengguna antara 26 sampai 35 tahun. Lebih lanjut, masih berdasarkan data, Edi juga mengungkap bahwa pengguna internet didominasi oleh pengguna dari kalangan karyawan/wiraswasta sebanyak 55 persen, disusul oleh mahasiswa (18 persen) dan ibu rumah tangga (16 persen), sisanya ada dari kalangan pelajar, dan lain-lain.

“Dari data-data ini sebenarnya bisa menjadi modal kita untuk memulai bisnis, terutama bagi yang ingin memulainya lewat sosial media. Dari data ini bisa jadi model, misalnya bisa kita lihat pengguna internet lebih banyak di usia antara 18 sampai 25 tahun. Berarti apa yang kita jual, apa yang biasa dicari oleh pengguna di usia 18 sampai 25 tahun. Atau usia dari 26 sampai 35 tahun,” jelas Edi.

Selain itu, lanjut Edi, kita juga bisa melihat potensi bisnis yang akan kita geluti dari kalangan pengguna internet yang paling banyak, dalam hal ini adalah kalangan karyawan dan wiraswasta. Atau bisa juga dari data wilayah, dalam hal ini pengguna internet terbanyak di Pulau Jawa. Dengan begitu, menurut Edi, kita bisa mencari tahu barang apa saja yang berpotensi laku dijual dengan melihat karakteristik penggunanya.

Berbicara mengenai sosial medianya sendiri, ternyata Facebook (14 persen) masih ada di urutan teratas disusul WhatsApp (12 persen), Twitter (11 persen), Google+ (9 persen), Linkedin (7 persen), Instagram (7 persen), dan lain-lain. Data-data ini, menurut Edi juga bisa dijadikan para calon pelaku usaha untuk memilih sosial media mana yang akan mereka pilih, ketika mereka akan memulai bisnis nantinya.

URL: http://selular.id/NCah2v