Pemerintah Janji Siapkan Regulasi Untuk Open BTS

Pemerintah Janji Siapkan Regulasi Untuk Open BTS

P_20151221_103113Jakarta, Selular.ID – Dalam sebuah diskusi santai dengan para penggiat internet seputar teknologi Open BTS, Rudiantara, Mentri Komunikasi dan Informatika Indonesia, bisa dikatakan menyambut positif inovasi teknologi yang dilakukan anak bangsa tersebut. Bahkan Rudiantara tidak melarang jika ada pihak yang melakukan pengujian Open BTS dilakukan, asalkan tidak melanggar sarat tertentu seperti, no komersil, no service level, tidak harus bayar BHP (biaya hak penggunaan) frekuensi.

Lebih jauh Rudiantara mengungkapkan, jika dirinya tidak bisa menutup mata lagi atas kehadiran teknologi Open BTS kreasi anak bangsa ini. Apalagi jika teknologi tersebut berguna bagi kemaslahatan orang banyak, dalam hal mampu membantu aktivitas komunikasi masyarakat di daerah terpercil yang berlum tersentuh layanan operator.

“Dari pada menghalangi, lebih baik didukung sehingga penggiat Open BTS tidak jalan sendiri. Toh inovasi ini, terbukti bisa membantu orang banyak. Jika jalan sendiri, bukan tidak mungkin akan ada pihak yang bisa dirugikan,” terangnya saat ngobrol santai di kantor ICT Watch.

Terkait dengan niatnya untuk mengakomodir teknologi tersebut, Rudiantara berjanji akan menyiapkan perangkat aturan pendukungnya agar implementasi Open BTS ini bisa dinyatakan legal di mata hukum. “Sebulan atau dua bulan ini sudah selesai regulasinya. Nanti kita lihat seperti apa, kalau mau open public punya numbering, bisa telepon ke operator mana saja itu harus ada international standard,” tukas Rudiantara. 

URL: http://selular.id/sxctb8