Hati-hati ! Serangan Malware ke Perangkat Apple Meningkat

Hati-hati ! Serangan Malware ke Perangkat Apple Meningkat

SHARE

imagesJakarta, Selular.ID – Semakin banyak penyerang yang mulai menargetkan sistem operasi Apple, dengan jumlah infeksi dan ancaman malware baru yang meningkat dalam dua tahun terakhir.

Adalah perusahaan antivirus Symantec yang mengungkapkan hal itu. Jumlah ancaman-ancaman Mac OS X meningkat sebesar 15% tahun 2014. Sedangkan jumlah ancaman iOS yang ditemukan tahun ini jumlahnya lebih dari dua kali lipat. Dari tiga ancaman tahun 2014, menjadi tujuh ancaman selama tahun 2015. Perangkat yang di-jailbrake merupakan fokus sebagian besar ancaman.

Walaupun total jumlah ancaman yang menargetkan perangkat Apple masih cukup rendah dibandingkan dengan ancaman untuk Windows pada desktop dan Android di sektor mobile, pengguna Apple tidak boleh puas. Jika platform Apple terus meningkat popularitasnya, maka jumlah ancaman keamanan cyber yang dihadapi pengguna Apple pun akan cenderung tumbuh.

Lonjakan dalam ancaman Mac OS X
Jumlah ancaman-ancaman baru untuk Mac OS X meningkat dari tahun ke tahun, sebesar 15% di tahun 2014. Hal ini mengikuti peningkatan sebesar 44% tahun 2013 dan peningkatan sebesar 29% tahun 2012.

Seiring dengan kenaikan ini, jumlah komputer Mac yang terkena infeksi malware meningkat sangat besar dalam beberapa tahun terakhir. Jumlah komputer OS X yang terinfeksi malware pada sembilan bulan pertama tahun 2015 saja jumlahnya sudah tujuh kali lipat lebih banyak dibandingkan tahun 2014.

Walaupun jumlah infeksi di komputer OS X meningkat secara dramatis selama tahun terakhir. jumlah lonjakan yang signifikan ini disumbangkan oleh grayware, seperti adware, aplikasi yang tidak diinginkan atau menjebak. Selain itu, dalam beberapa bulan terakhir terlihat adanya peningkatan signifikan dalam bentuk-bentuk lain dari infeksi malware.

Jailbreaking meningkatkan risiko malware iOS
Jumlah ancaman malware iOS yang ditemukan sampai saat ini masih cukup kecil, walaupun jumlahnya mulai meningkat, dengan tujuh ancaman baru yang ditemukan hingga sampai saat ini, meningkat dari 3 di tahun 2014.

Penyerang yang menargetkan sistem operasi mencari cara untuk menginstal malware pada perangkat. Banyak ancaman dipasang ketika target menghubungkan perangkat mereka ke komputer desktop yang telah disusupi. Perangkat yang di jailbrake memberikan lebih banyak kesempatan untuk penyusupan. Dan banyak ancaman yang dirancang untuk mengambil keuntungan dari ponsel yang di jailbroken. Dari 13 ancaman iOS yang didokumentasikan oleh Symantec sampai saat ini, sembilan hanya bisa menginfeksi perangkat yang di-jailbrake.

Kerentanan
Jumlah keseluruhan kerentanan Mac OS X baru relatif stabil dalam beberapa tahun terakhir, pada kisaran 39 dan 70 per tahun. Kebanyakan, jumlah kerentanan Mac OS X baru lebih rendah dari jumlah kerentanan Windows yang ditemukan. Jumlah kerentanan Windows yang lebih besar mungkin mencerminkan pangsa pasar yang lebih besar yang dinikmati sistem operasi Microsoft.

Sementara itu, jumlah kerentanan IOS yang ditemukan setiap tahun cenderung terus naik selama empat tahun terakhir. Antara tahun 2011 dan 2014, jumlah kerentanan yang mempengaruhi iOS telah melampaui jumlah yang didokumentasikan untuk pesaing utamanya, Android Google. Tren tersebut telah berbalik pada tahun 2015 karena sejauh ini, kerentanan Android yang baru telah melampaui jumlah kerentanan iOS.

Namun, para peneliti keamanan telah mulai fokus pada kerentanan di software Apple dan telah menemukan sejumlah kelemahan high-profile di tahun lalu. Broker zero-day telah mulai menawarkan hadiah untuk kerentanan Apple, dengan uang sebesar US$ 1 juta yang baru-baru ini dibayarkan untuk jailbreak iOS 9.1 . Hal ini tentunya akan menambah dorongan untuk peneliti yang tertarik untuk melihat kerentanan sistem Apple.

URL: http://selular.id/nRTPsa
  • Marshella Angeline

    AMAN DAN TERPERCAYA
    MINIMAL WD DAN DEPO Rp.20RB
    BONUS REFFERAL 15%
    BONUS ROLLINGAN 0,2%
    FAIRPLAY 100% NO BOT !!
    RASAKAN SENSASI NYA MENJADI BANDAR
    HANYA DI DOMINO206