Dukung TKDN, Menperin Akan Revisi Aturan yang Ada

Dukung TKDN, Menperin Akan Revisi Aturan yang Ada

IMG_20150703_132153Jakarta, Selular.ID – Kementrian Komunikasi dan Informatika sudah memutuskan dan menandatangani aturan terkait Total Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dalam Peraturan Menteri mengenai Persyaratan Teknis Alat dan Perangkat Telekomunikasi Berbasis Standar Teknologi LTE.

Selain Kemenkominfo, aturan ini juga didukung oleh dua kementrian lain yang bersinggungan, yaitu Kementrian Perdagangan dan Kementrian Perindustrian.

Untuk mendukung peraturan ini, Saleh Husain, Menteri Perindustrian RI usai penandatanganan aturan tersebut di Kominfo (3/7/2015), menyampaikan akan merevisi Peraturan Menteri Perindustrian No.69 tahun 2014 tentang Perhitungan TKDN.

Dalam Permen Perindustrian tersebut menurut Saleh hanya mendasarkan pada apa yang disebut perangkat keras (cost to make). Padahal dalam perangkat itu ada sioftware juga didalamnya yang merupakan komponen kreatif dan mempunyai nilai. “itu yang akan direvisi.┬áSelain memiliki TKDN dari cost to make bisa juga dari software,” jelas Saleh.

Lebih lanjut menurut Saleh, dalam sebuah smartphone komponen software ternyata menyumbang komposisi yang cukup besar yakni 60 persen. Oleh karena itu dalam perhitungan TKDN ini akan mempertimbangkan software sebagai komponen penghitungnya.

“Kalau terkait software, Indonesia mempunyai kemampuan untuk mengembangkannya,” tuturnya. Revisi tersebut menurut Menperin akan dilakukan secara gradual menyesuaikan dengan kebutuhan Kominfo.

Saat ini menurut data yang ada di Kemenperin, ada sekitar 16 merk ponsel yang perakitannya sudah dilakukan di dalam negeri dengan TKDN 20 persen.

IMG-20150703-WA000

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Muhammad Budi Setiawan, Dirjen SDPPI Kominfo menyampaikan dalam aturan TKDN ini komposisi hardware 80 persen dan software 20 persen. “Kedepannya akan kita sesuaikan, mungkin jadi 50-50,” ungkapnya.

Menurut Dirjen yang biasa disapa Iwan ini, para produsen global sangat setuju jika komposisi software ditingkatkan dan berkeberatan jika TKDN difokuskan pada hardware.

URL: http://selular.id/pQGljX