SHARE
Jakarta Smart City
Jakarta Smart City

Jakarta, Selular.ID – Kota pintar telah menjadi visi banyak kota di dunia. Sebagai ibukota negara, secara perlahan Jakarta sedang menerapkan program Smart city.

Pengelolaan Smart City dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai permasalahan sosial, seperti pada transportasi, kesehatan, pendidikan, kemacetan, pengairan, dan puluhan urusan lainnya. “Setidaknya ada 33 urusan yang harus ditangani oleh Pemprov DKI Jakarta, dari seseorang lahir sampai meninggal,” kata¬†Alberto Ali, Kepala UPT Jakarta Smart City Provinsi DKI Jakarta, kepada Selular.ID.

Melihat begitu banyak penanganan sosial, maka Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menyediakan anggaran besar dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun ini. Dari total dana APBD sebesar Rp72 triliun,¬†akan investasi yang dikerahkan dalam pembangunan infrastruktur IT. “Indikator smart city adalah memberdayakan kota dengan teknologi informasi dan komunikasi, maka akan alokasi dana kurang lebih 34 miliar,” pungkasnya.

Bila berjalan mulus, platform Smart City diyakini bisa mewujudkan keteraturan dalam sistem interaksi di masyarakat sehingga dapat menciptakan efisiensi waktu dan sumber daya (seperti bahan bakar), untuk pemanfaatan pembangunan.

Dengan proyek itu juga, biaya yang digunakan untuk membangun suatu kota menjadi tepat sasaran. “Tidak ada yang terbuang sedikit pun. Sisanya bisa digunakan untuk pembangunan yang lain sehingga menjadi lebih merata,” tuturnya. (bda)

URL: http://selular.id/cYb73w

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here