SHARE
Alberto Ali, Kepala UPT Jakarta Smart City Provinsi DKI Jakarta (foto: Choi/Selular.ID)
Alberto Ali, Kepala UPT Jakarta Smart City Provinsi DKI Jakarta (foto: Choi/Selular.ID)

Jakarta, Selular.ID – Tiga masalah sosial di Jakarta yang kerap mengundang perhatian besar antara lain transportasi, kesehatan, dan pendidikan. Dalam ajang Android One Hack for Impact, Google Indonesia dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta ingin menjaring aplikasi mobile handal dari para developer lokal. Tujuannya, agar membantu pemprov dalam menyelesaikan berbagai masalah yang ada di Jakarta melalui konsep Smart City.

Konsep Jakarta Smart City sendiri sudah resmi dimulai pada 14 Desember 2014. Alberto Ali, Kepala UPT Jakarta Smart City Provinsi DKI Jakarta, menegaskan ada tiga pilar utama dalam membangun kota pintar tersebut. Yakni pemerintah, swasta, dan masyarakat. “Tanpa ketiganya, Jakarta Smart City hanya mimpi belaka,” ucapnya.

Bicara target ideal, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan terus memperluas implementasi teknologi smart city sebelum akhir 2017 agar dapat terwujud dan saling terintegrasi. “Karena nanti termasuk KPI (key performance indicator -red) kita juga dan harus dipertanggungjawabkan,” ujar Alberto.

Di samping pemerintah, pihak Google Indonesia tak ingin ketinggalan ambil bagian dalam program Jakarta Smart City. Raksasa teknologi asal Amerika Serikat itu memberikan akses seluas-luasnya ke aplikasi berbasis lokasi beserta perangkat mobile dalam rupa Android One.

Google tak bekerja sendirian, karena Pemprov juga sudah bekerjasama dengan berbagai sosial media seperti Twitter dan Facebook, serta developer lokal Qlue dan SwaKita. Selain itu di sektor jaringan, pemerintah juga menggandeng seluruh operator telekomunikasi yang ada di Jakarta untuk menciptakan konektivitas internet yang memadai. Pasalnya, konektivitas internet merupakan komponen yang penting untuk mewujudkan Smart City, selain aplikasi dan perangkat mobile. (bda)

URL: http://selular.id/bOeeLU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here