SHARE

Kolaborasi Microsoft dengan Coding Indonesia #WeSpeakCode
Kolaborasi Microsoft dengan Coding Indonesia #WeSpeakCode

Jakarta, Selular.ID – Raksasa software dunia, Microsoft, mengadakan serangkaian workshop perkenalan coding yang dinamakan #WeSpeakCode, pekan depan. Insiatif Microsoft ini dimaksudkan untuk meningkatkan ketertarikan anak muda Indonesia agar memiliki kemampuan dasar programming.

Menurut Microsoft, kemampuan pemrograman komputer yang semakin dibutuhkan dalam pekerjaan, menjadi landasan diadakannya inisiatif ini. Namun, banyak yang tidak tertarik untuk mempelajari coding karena kegiatan tersebut dianggap rumit.

Guna menepis anggapan itu, Microsoft mengajak dan menantang seorang fashion designer Ayu Dyah Andara, dan musisi AkustikAsik Dwika Putra, untuk membuat suatu karya seni yang dikolaborasikan dengan coding, dalam waktu 15 jam. Hasilnya, terciptalah aplikasi Technoethnic yang menampilkan ragam pola untuk gaun. Juga SongFlake, aplikasi real-time yang bisa membentuk visualisasi tertentu sesuai alat musik yang dimainkan.

Sebelumnya, pada September 2014, Microsoft juga sudah mengadakan workshop dengan mengajak instruktur muda berusia 16 dan 17 tahun sebagai co-instruktur workshop.

Wahyudi, Co-Founder Coding Indonesia mengatakan bahwa belajar coding bisa dilakukan oleh siapa saja terlepas dari usia, gender, dan latar belakang. “Bila seseorang sudah mengenal gadget, smartphone, tablet, atau komputer, berarti dia sudah bisa mulai belajar coding,” ujar Wahyudi.

Pada tanggal 23 sampai 27 Maret 2015, Microsoft akan memberikan pelatihan coding kepada beragam kelompok masyarakat, mulai dari 50 guru SD, SMP, dan SMA/K, 200 pelajar dan mahasiswa dari kaluarga kurang mampu, 50 lembaga swadaya masyarakat, hingga 50 orang pengusaha wanita.

Selain berkolaborasi dengan para pekerja di industri kreatif, Microsoft juga bekerja sama dengan organisasi non-profit Coding Indonesia, Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB), dan website Thurderclap.

Esther Sianipar, Community Affairs Manager Microsoft Indonesia mengatakan perusahaan telah berpartner dengan lebih dari 350 organisasi yang berfokus pada pengembangan anak muda melalui lebih dari 30 program dan kemitraan. Hingga saat ini, Microsoft telah mencapai 227 juta anak muda di lebih dari 100 negara seluruh dunia. Beberapa dari anak muda yang mendapat pelatihan, Esther mengaku, beraspirasi untuk menjadi wirausaha, desainer busana, pembuat games, pembuat kebijakan, dan juga software engineer.

Code.org
Code.org

Bagi yang tertarik belajar coding, Wahyudi menghimbau bisa mengunjungi situs code.org. “Di situ, terdapat beberapa permainan seperti Angry Bird, Frozen, dan Flappy Bird, yang bisa memperkenalkan coding dengan cara menyenangkan,” pungkasnya. (bda)

URL: http://selular.id/uCnWC3