ZTE-Alive-ShareJakarta, Selular.ID – Saat ini, smartphone sudah seperti rekan atau teman yang bisa diandalkan untuk banyak hal. Para pengguna berharap fungsi smartphone bisa dioperasikan kapan pun dan di mana pun, namun ada beberapa kondisi ketika smartphone tidak berguna ketika kehabisan kuota data atau kehilangan sinyal. Hal ini memberikan inspirasi bagi ZTE untuk membuat sebuah fitur produktivitas offline yang dapat tetap terkoneksi tanpa memerlukan kuota data dan jaringan 3G/4G, yaitu AliveShare. Jadi Anda tetap bisa bertukar file, komunikasi, serta bermain permainan interaktif tanpa memakan kuota data, kalau menggunakan ponsel besutan ZTE.

Produsen teknologi informasi asal Tiongkok itu menyampaikan bahwa mereka akan membenamkan fitur yang ditujukan untuk produktivitas offline, yaitu AliveShare dalam smartphone terbarunya yang akan segera diluncurkan di Indonesia. AliveShare adalah aplikasi dengan fitur-fitur yang dikembangkan oleh ZTE, dan didasarkan pada teknologi Wi-Fi Direct untuk melakukan transfer berbagai jenis data antar perangkat yang berbeda dengan kecepatan tinggi dan tidak membutuhkan jaringan selular serta data.

Fritz Wang, Managing Director of ZTE Handset Business Unit Indonesia, mengatakan bahwa manusia di jaman modern ini semakin tidak bisa lepas dari perangkat mobile. Tapi ketika lalu lintas data tidak lancar, entah karena jangkauan sinyal selular maupun hal lain, komunikasi bisa terganggu dan berdampak pada turunnya kreatifitas serta produktivitas. “ZTE memahami betul bahwa sebuah smartphone harus bisa menjadi teman dan rekan yang bisa diandalkan kapan saja. Oleh karena itu, kami menghadirkan fitur AliveShare ini,” ujar Fritz Wang.

Baca Juga:  ZTE Unjuk Solusi Tayangan Langsung Berbasis Virtual Reality

Berkat teknologi nirkabel terbaru, kecepatan AliveShare bisa mencapai 40 kali lipat lebih cepat dibandingkan dengan Bluetooth. Sebagai contoh, bila menggunakan Bluetooth, satu file lagu format mp3 yang berkisar 5-10MB mampu dikirim dalam hitungan menit, tapi bila menggunakan AliveShare, hanya membutuhkan satu detik. AliveShare juga memungkinkan pertukaran pesan singkat dengan pengguna lain, atau dengan sekelompok pengguna AliveShare tanpa ada sinyal 3G maupun 4G, yang bisa sangat berguna bila digunakan di daerah pedesaan contohnya, atau di ruang kantor, di mana penggunaan perangkat seluler dan data sangat dibatasi.

Adapun empat fitur utama AliveShare, yaitu Group chat, Versus gaming, File/mutual sharing, dan Change phone. Awalnya, versi perdana AliveShare diujicobakan sebagai fitur pada perangkat ponsel untuk operator China Telecom. Hanya dalam satu bulan, aplikasi itu digunakan oleh lebih dari 100,000 pengguna, dan terus meningkat. (bda)

URL: http://selular.id/wQlOsk