Depak BlackBerry, Gedung Putih Coba Tes Smartphone Samsung dan LG

Depak BlackBerry, Gedung Putih Coba Tes Smartphone Samsung dan LG

24 March 2014 16:00
Era BlackBerry makin meredup. Tak hanya kalangan pengguna biasa saja yang lambat laun menanggalkan perangkatnya, tetapi juga instansi pemerintahan resmi Amerika Serikat. Menyusul aksi Pentagon yang akhir tahun lalu mulai mendepak smartphone BlackBerry sebagai ponsel aman, kini White House juga dilaporkan melakukan tindakan serupa. Sebagai gantinya, penguji dari rumah kepresidenan Presiden AS itu sedang menjajal smartphone dari dua brand lain.

Kabarnya pihak Gedung Putih mencoba ponsel besutan produsen asal Korea Selatan, yakni Samsung dan LG. Namun masih belum dikonfirmasi perangkat mana dari keduanya yang diuji coba. Menurut Department of Defense, juru bicara membenarkan jika mereka menguji coba berbagai macam perangkat saat ini.

“Kami dapat mengkonfirmasi bahwa White House Communications Agency (WHCA), konsisten dengan Departemen Pertahanan lainnya tengah menggunakan berbagai perangkat mobile,” kata juru bicara yang tidak disebutkan namanya.

Sementara itu, dari pihak Samsung sendiri juga telah menjelaskan bahwa perusahaan saat ini bekerja dengan instansi pemerintah untuk memulai beberapa jenis program percontohan di Washington DC. Sayangnya, tidak menyebut perangkat mana yang diserahkan untuk dites.

Meski dua brand terkenal di Korea (LG dan Samsung) tersebut lebih dikenal sebagai produsen perangkat Android, namun tidak berarti smartphone yang tengah melalui proses pengkajian di Gedung Putih oleh WHCA itu menggunakan basis OS Android. Dugaannya, Samsung memberikan handset Windows Phone 8.1 “Huron” mendatang yang saat ini dilaporkan sedang memasuki tahap persetujuan FCC, sedangkan LG Mobile mengandalkan perangkat Windows Phone miliknya.

Windows Phone mungkin masih menjadi pemain buncit di pasar smartphone, dengan pangsa pasar jauh di bawah Android dan iOS. Namun di tahun 2013 lalu, platform besutan Microsoft tersebut telah menerima akreditasi keamanan dari pemerintah Amerika Serikat dengan nama Federal Information Processing Standard Publication 140-2 (FIPS 140-2). Artinya, Windows Phone 8 sudah bisa digunakan untuk pemerintah ataupun profesional yang membutuhkan proteksi keamanan tinggi. (Choi)

 

Sumber : http://www.theregister.co.uk/
URL: http://selular.id/lqvZ6

NO COMMENTS