Majalah SELULAR Edisi 200 November 2016: Kinerja Vendor Smartphone, Yang Meluncur dan...

Majalah SELULAR Edisi 200 November 2016: Kinerja Vendor Smartphone, Yang Meluncur dan Yang Tersungkur

4642

Majalah-Selular-200-November
Jakarta, Selular.ID – Dengan populasi terbesar keempat di dunia, vendor-vendor smartphone tak pernah surut bertempur untuk memperebutkan market share di Indonesia. Kompetisi terbuka ini membuat pasar menjadi sangat dinamis. Tak ada jaminan bagi sebuah vendor untuk mampu terus-terusan bertahan pada posisinya, karena begitu banyak challenger yang siap menggerogoti.

Di sisi lain, banyak juga brand-brand yang sebenarnya telah sekian lama berkutat di pasar Indonesia, namun tak pernah naik kelas, seperti Acer dan LG. Padahal fitur dan teknologi yang dibenamkan pada produk yang mereka miliki tak kalah dibandingkan pesaing.

Meraih posisi elit, jika bisa menggusur Samsung, tentu menjadi dambaan setiap vendor. Namun, tentu saja dibutuhkan extra effort yang luar biasa. Samsung saja perlu waktu hampir 20 tahun untuk bisa menggapai posisinya saat ini di Indonesia. Jika Samsung tetap ajeg sebagai vendor nomor satu, pertempuran para challenger justru semakin keras. Jika tahun lalu, Asus dan Xiaomi menjadi pusat perhatian konsumen Indonesia, maka 2016 bisa disebut sebagai tahunnya Oppo.

Bagaimana dengan vendor lokal? Harus diakui transformasi dari feature phone ke smartphone, menjadi kuburan bagi vendor-vendor lokal. Dapat disimpulkan bahwa kurangnya penguasaan teknologi, membuat vendor lokal tak banyak berkutik. Bagaimana pun kualitas produk merupakan syarat utama dalam perlombaan di industri gadget. Artinya, mereka yang bertahan dipastikan karena jeli mengemas teknologi, sejalan dengan kebutuhan pasar. Hal inilah yang menjadi yang salah satu kunci sukses Politron dan Advan tetap mampu bersaing dengan brand-brand global.

Baca Juga:  Majalah Selular Edisi 202 Januari 2017: Streaming Musik/Video Makin Populer

Pada edisi November ini, SELULAR mengulas lebih dalam pencapaian brand-brand sepanjang 2016. Siapa sukses, siapa bertahan, siapa yang tetap jadi penggembira dan juga siapa saja yang tamat riwayatnya.

Selain laporan utama, Majalah SELULAR seperti biasa menghadirkan review smartphone, yang kali ini mengulas:

• Advan i5E
• LG X Screen
• Samsung Galaxy J3 (2016)
• Asus Zenfone 3 (ZE520KL)
• LG X Power
• Moto E3 Power
• Dll

Pada rubrik Business, ada perang tarif jilid 2, sementara pada rubrik Policy, terdapat artikel mengenai modern licencing.

Rubric Chatting kali ini menghadirkan Marketing Director Advan Indonesia Chandra Lianto, sementara rubrik Community menghadirkan komunitas Gatorade, tempat interaksi antar penyuka gadget.

Selain rubrik-rubrik di atas, masih banyak rubrik lain yang tidak boleh Anda lewatkan di edisi November Majalah SELULAR seperti Google Allo dan Google Duo di rubrik Innovation.

Majalah SELULAR Edisi 200 November 2016 sudah bisa dibeli di seluruh Indonesia.

URL: http://selular.id/51TCnl