Sorotan Berita Sepanjang Oktober 2015

Sorotan Berita Sepanjang Oktober 2015

SHARE

october-calendarBulan ini kami memiliki beberapa berita inti dari industri selular. Project Loon mengakhiri bulan Oktober dari segmen operator, serta sederet ponsel terbaru yang mendarat di pasar Tanah Air, mulai dari Samsung, Sony, BlackBerry sampai Lenovo.

Operator

Tiga Operator Sepakat Kerjasama dengan Google Lakukan Uji Coba Project Loon

Pada penghujung bulan Oktober 2015, industri telekomunikasi nasional dihebohkan dengan penandatanganan kerja sama antara tiga operator terbesar Indonesia dengan raksasa internet dunia Google, dalam sebuah proyek yang menuai banyak kritik, Project Loon. Beberapa pengamat komunikasi menyayangkan keputusan pemerintah tersebut.

TELKOMSEL

Hadapi Natal dan Tahun Baru Telkom Modernisasi BTS Gunakan Serat Optik

Telkom melakukan modernisasi BTS (Base Transceiver Station) untuk 3G, 3.5G dan 4G atau yang lebih dikenal dengan istilah Node-B milik Telkomsel. Modernisasi berupa penggantian (change over) dari IP radio ke jaringan fiber optic (FO). Dengan menggunakan akses FO, diharapkan Telkomsel dapat memberikan pelayanan lebih baik ke pelanggan terlebih beberapa bulan mendatang akan menghadapi kegiatan Natal dan Tahun Baru (NARU).

Pelanggan Muda Telkomsel Jadi Incaran Berkirim Kado Elektronik

Telkomsel kembali menambah layanan untuk meningkatkan benefit pelanggan melalui Digital Advertising. Bersama mitranya Access Mobile, Telkomsel memperkenalkan eKado, sebuah layanan digital mobile voucher yang menawarkan cara baru untuk membeli hadiah berbentuk kupon digital dengan mudah. Telkomsel berjanji untuk terus memperluas kerjasama dengan merchant-merchant yang memiliki penawaran menarik bagi para pelanggan.

hari-pelanggan-telkomsel4G Telkomsel Sampai Juga ke Manado

Telkomsel memperluas jangkauan jaringan 4G LTE untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dalam menikmati mobile broadband dan layanan digital lifestyle di berbagai lokasi di Indonesia. Kali ini peresmian layananTelkomsel 4G LTE secara komersial dilakukan di Manado, kota ke delapan beroperasinya layanan tersebut setelah Jakarta, Bali, Bandung Medan, Surabaya, Makassar dan Lombok.

Berbekal NFC, Telkomsel Hadirkan Kembali TCash

Dengan inovasi baru yang ditawarkan untuk pelanggan pada layanan mobile money-nya, Telkomsel menghadirkan kembali TCash yang kali ini dilengkapi dengan teknologi Near Field Communication. TCash sendiri sebenarnya sudah dikenalkan kepada pelanggan sejak tahun 2007 yang berbasis SMS. Dengan teknologi baru yang dibenamkan ke dalam layanan ini dharapkan dapat memberikan pengalaman baru yang menarik dalam melakukan pembayaran melalui ponsel.

XL AXIATA

XL Ubah Pinjaman Dollar ke Rupiah untuk Perkuat Posisi Keuangan

Setelah melakukan percepatan pelunasan atas pinjaman sebesar USD 50 juta dari Bank UOB. XL Axiata Tbk mengubah pinjaman dari BTMU sebesar USD 180 juta ke dalam mata uang Rupiah. Dian Siswarini, Presiden Direktur XL, mengatakan bahwa perubahan tersebut dilakukan untuk memperkuat posisi keuangan perusahaan.

LadyJek Digandeng XL Panaskan Persaingan Ojek Online

Kini layanan ojek digital ini akan semakin semarak dengan munculnya “LadyJEK’, ojek digital khusus untuk penumpang wanita. Operasional angkutan inovatif ini pun didukung XL Axiata dari sisi penyediaan layanan internet dan sistem pembayaran melalui XL Tunai.

Bayar PBB di Yogyakarta Sekarang Bisa Pakai XL Tunai

Masyarakat Yogyakarta sekarang bisa melakukan pembayaran  Pajak Bumi dan Bagunan (PBB) menggunakan layanan XL Tunai. Melalui layanan tersebut XL Axiata ingin membantu pemerintah  dan masyarakat setempat untuk memaksimalkan potensi yang mereka miliki melalui teknologi digital.

XL Sediakan Sistem Informasi Penumpang di Bus Damri

XL terus mengembangkan layanan berbasis Internet of Things (IoT), sebagai upaya pengembangan bisnisnya. Bertepatan dengan acara pelaksanaan HUT ke-19, XL menandatangani kerjasama dengan Perusahaan Umum Damri dalam menyediakan sistem pemantauan “Passenger Information System” yang akan digunakan bagi layanan transportasi publik Damri.

Dian SiswariniQ3 2015, XL Rugi Rp506 Miliar

XL mengumumkan hasil kinerja perusahaan dalam periode 9 bulan pertama tahun ini, yang berakhir pada 30 September 2015. Pada kuartal ini, XL mencatat rugi bersih sebesar Rp506 miliar, sebagai dampak dari penguatan USD. Sementara trafik data tumbuh 52 persen dalam  periode 9 bulan pertama 2015 dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu dengan total pengguna data 20 juta atau 49 persen dari total basis pelanggan.

Ajak 2500 Pelanggan Upgrade Simcard ke 4G, XL Raih Rekor MURI

Agar bisa mencoba berbagai manfaat layanan 4G, XL mengajak pelanggan untuk segera melakukan upgrade simcard lama ke simcard 4G. Untuk itu, XL menggelar acara XL 4G Day bersama masyarakat Bogor melakukan kegiatan pengaktifan kartu 4G secara bersama-sama di Bogor (25/10/2015). Kegiatan ini tercatat sebagai rekor oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan menjadi yang pertama dan terbanyak melakukan aktivasi simcard 4G.

Untuk Tambah Modal Kerja XL Terbitkan Sukuk Ijarah

Untuk mendanai kebutuhan modal kerja dalam rangka menunjang kegiatan usaha Perseroan, XL Axiata mengumumkan rencananya untuk menawarkan penerbitan Sukuk Ijarah terbesar di Indonesia melalui program Penawaran Umum Berkelanjutan Sukuk Ijarah Korporasi sebesar Rp5 lima triliun dengan nilai awal hingga Rp1,5 triliun.

INDOSAT

Ajak Masyarakat Peduli Kanker, Indosat Kembali Gelar Pink Ribbon Run and Walk

Bersama Indonesia Breast Cancer Foundation (YKPI), Indosat menggelar acara Indosat Mentari Pink Ribbon Run and Walk yang merupakan kegiataan jalan santai dan lari santai untuk penggalangan dana bagi penderita kanker payudara pada 1 November 2015.

Indosat Lanjutkan Program Melek Internet dengan Parade Nusantara

Untuk menyediakan akses Internet melalui layanan internet.org bagi masyarakat pedesaan di seluruh penjuru tanah air, Indosat menandatangani Nota Kesepahaman Bersama (MoU) dengan Parade Nusantara (Persatuan Rakyat Desa Nusantara). Internet.org adalah sebuah inisiatif dari Facebook yang bertujuan untuk membuat akses Internet tersedia bagi dua pertiga populasi dunia yang belum terhubung dengan Internet.

Indosat Berikan Akses Internet Gratis kepada 12 juta Pedagang Pasar Tradisional

Agar para pedagang pasar tradisional mendapatkan akses informasi lebih mudah melalui internet, Indosat bekerjasama dengan APPSI (Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia) untuk memberikan kemudahan akses internet melalui layanan internet.org bagi para pedagang pasar di Indonesia. Pedagang pasar diharapkan dapat memperoleh kemudahan dalam mengakses berbagai informasi lainnya seperti berita umum, info kesehatan, info lapangan pekerjaan, info pendidikan, info layanan publik, dan ke depannya info harga komoditas pokokharian, dimana informasi tersebut dapat membantu pedagang pasar di Indonesia dalam memonitor harga komoditas.

RUPSLB Indosat: Sarwoto “Lengser” Digantikan Herfini

Sejak ditunjuk menjadi salah satu direksi Indosat, Sarwoto Atmosutarno tidak pernah berkantor di Indosat. Mantan bos Telkomsel tersebut sekarang ini akhirnya pun digantikan oleh Herfini Haryono, rekan sesama direksi sewaktu menjabat di Telkomsel.

Anak Muda Jogja, Jadi Jawara Kompetisi Hackathon Indosat 2015

Indosat kembali menggelar ajang Hackathon, yang merupakan kompetisi pembuatan aplikasi. Sesuai dengan namanya, kompetisi ini mengajak peserta melakukan marathon membuat sebuah aplikasi dalam waktu 24 jam saja. Hackathon sendiri, merupakan salah satu rangkaian dari ajang Indosat Wireless Innovation Contest ke-9. Cek para pemenang Hackathon Indosat 2015 di sini.

Indosat Beri Bantuan Untuk Korban Bencana Asap

Sehubungan dengan kasus kabut asap yang melanda beberapa daerah di Kalimantan, Indosat memberikan beberapa bantuan bagi para korban bencana asap di Pekanbaru, Padang, dan Palangkaraya. Indosat membagikan ribuan masker dan ratusan tabung oksigen bagi masyarakat yang membutuhkan. Selain itu Indosat juga menyediakan layanan kesehatan gratis melalui Mobil Klinik Indosat serta layanan telepon gratis di Posko yang bisa dimanfaatkan untuk sambungan ke semua operator mulai 10 Oktober 2015.

Indosat Gandeng Facebook Dukung Pertumbuhan Startup di Indonesia

Indosat dan Facebook berkomitmen mendukung pertumbuhan startup di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kerjasamanya dalam program startup akselerator ideabox. Melalui kerjasama ini, para startup Indosat Ideabox memiliki kesempatan untuk mendaftar program FbStart Facebook, yaitu program bimbingan dari Facebook dengan memanfaatkan fasilitas dan utilitas yang dimilikinya.

Ilustrasi teknisi jaringan Indosat
Ilustrasi teknisi jaringan Indosat

Indosat Akselerasi Bisnis Lima Startup dalam Ideabox

Lima startups yang telah mengikuti bootcamp selama 48 jam di Jakarta pada tanggal 17-18 Oktober 2015 yang diikuti 25 peserta, terpilih mengikuti program akselerasi yang diselenggarakan Indosat melalui Ideabox. Para pemenang bootcamp tersebut bekesempatan mengikuti program akselerasi selama 4 bulan, yang akan dimulai bulan November nanti di Jakarta. Cek lima startups yang berkesempatan masuk ke dalam Progam Akselarasi Indosat Ideabox di sini.

Juarai Piala Presiden, Persib Terima Rp400 Juta dari Indosat

Apresiasi kepada seluruh pemain Persib Bandung atas prestasi mereka menjuarai Piala Presiden 2015 dilakukan Indosat dengan memberikan hadiah Rp 400 juta rupiah. Indosat berkomitmen terhadap perkembangan dunia olahraga, khususnya sepakbola. Di level nasional, Indosat juga menjadi sponsor bagi klub Arema Cronus dan Bali United.

Tren Coding, Indosat Tantang Anak-anak Bikin Aplikasi

Dalam rangka membangun ekosistem bisnis digital, Indosat kembali melanjutkan rangkaian kompetisi pembuatan aplikasi Indosat Wireless Innovation Contest (IWIC) ke-9, namun kali ini untuk segmen anak-anak. Sebanyak 100 peserta dari umur 7-15 tahun di Jabodetabek mengikuti Kids & Teens Hackathon tahun ini.

SMARTFREN

Genjot Ekosistem 4G, Smartfren Fokus Kembangkan Aplikasi Lokal

Tidak bisa dipungkiri saat ini Smartfren menjadi salah satu operator paling agresif dalam mempopulerkan layanan 4G. Agresifitas smartfren bisa terlihat dari cakupan jaringan 4G Smarfren yang sudah tersedia di 22 kota besar di Indonesia. Menurut Merza Fachys, Direktur Smartfren Telecom, ketersediaan jaringan memang menjadi salah satu element penting dalam mempopulerkan 4G, namun network saja tidak cukup. Untuk membangun ekosistem 4G setidaknya ada 3 elemen utama, selain network harus ada device dan yang tidak kalah penting adalah aplikasi.

SmartfrenGelar Employee Blitz, 3000 Karyawan Smartfren Turun ke Jalan

Sebanyak 3000 karyawan Smartfren “turun gunung” untuk bertatap muka langsung dengan konsumen. Kegiatan yang dinamakan Employee Blitz tersebut diselenggarakan perusahaan setiap tahun. Tidak tanggung-tanggung, Paul Hodges, selaku CEO Smartfren juga turut bertegur sapa dengan pelanggan.

Pentingkan Luas Cakupan 4G, Bukan Berarti Tidak Peduli Kecepatan

Smartfren memprioritaskan luasnya cakupan dalam pengembangan layanan 4G-nya. Langkah ini membuat munculnya anggapan Smartfren tidak memperdulikan kecepatan 4G-nya, yang penting jangkauannya luas. Namun hal ini ditampik oleh Roberto Saputra, Direktur Smartfren saat acara Smartfren Media Visit LG Innotek di Korea. Teknologi 4G itu, akses data berkecepatan tinggi sudah given, atau sudah otomatis pasti tinggi kecepatannya.

Serius Garap 4G, Smartfren Tidak Akan Kembangkan CDMA Lagi

Smartfren benar-benar ingin move on dalam pengembangan layanan 4G-nya. Operator ini pun berharap pelanggannya juga akan melakukan hal yang sama. Tapi bagaimana jika nantinya masih ada pelanggan Smartfren yang masih setia menggunakan layanan CDMA?

Smartfren Dinobatkan Sebagai Operator Dengan Jangkauan 4G Terluas di Indonesia

Setelah sukses meluncurkan layanan 4G LTE beberapa waktu lalu, Smartfren langsung ‘tancap gas’ memperluas jaringan 4G LTE miliknya hingga ke 22 kota. Bahkan menurut laporan terakhir dari Open Signal bertajuk The State of LTE Q3 2015, mencatatkan Smartfren sebagai operator telekomunikasi dengan cakupan 4G LTE terluas di Indonesia.

Untuk Layanan 4G, Smartfren Masih Akan Menyediakan Smartphone Sendiri

Kehadiran layanan 4G berbasis LTE sebenarnya membuat Smartfren, operator berbasis teknologi CDMA, bisa menjadi leluasa. Karena tidak perlu lagi harus bersusah payah menyediakan handset sendiri. Namun ketika layanan 4G berbasis LTE di Indonesia baru ‘seumur jagung’ belum bisa membuat Smartfren bergerak leluasa.

Smartphone

Samsung Galaxy A8 Tidak Gunakan Prosesor Snapdragon 615

Jika di negara Tiongkok, Samsung luncurkan Galaxy A8 dengan prosessor snapdragon 615, Samsung rilis Galaxy A8 yang diotaki dengan prosessor Exynos 5430 untuk pasar Indonesia. Smartphone ini dibanderol seharga Rp6,5 juta.

Sony Xperia Z3+
Sony Xperia Z3+

Sony ‘Lempar’ 3 Smartphone Terbaru

Menjelang penghujung tahun, Sony ‘melempar’ tiga seri smartphone terbarunya, yaitu Xperia Z5 Premium, Z5 dan Z5 Compact.  Ketiga smartphone ini dibekali dengan berbagai fitur berteknologi tinggi milik Sony. Meski demikian masing-masing juga menyasar segmen pengguna yang berbeda.

Lenovo VIBE P1m Bisa Dipesan di BliBli.com

Lewat VIBE P1m, Lenovo kembali ke jalur persaingan dengan smartphone berbaterai jumbo. Dibekali baterai 4000 mAh, Lenovo berharap penggunanya tidak khawatir baterai akan habis ketika bepergian. Di situs jual online Blibli.com, Lenovo VIBE P1m ditawarkan melalui program Flash Deal mulai 28 Oktober 2015 dengan harga Rp2,1 juta.

Lenovo Phab & Phab Plus: Duo ‘Bongsor’ Pendatang di Kelas Menengah

Pasar phablet alias gabungan smartphone dan tablet, kembali kedatangan petarung baru. Lenovo menjejali pasar pablet kelas menengah di Tanah Air dengan dua produk sekaligus, yakni Phab dan Phab Plus. Lenovo Phab Plus sudah tersedia di situsBlibli.com dengan harga Rp3,5 juta. Sementara Lenovo Phab dapat diperoleh di gerai elektronik dengan harga Rp2,5 juta.

Rangkaian Smartphone Terbaru BlackBerry Melenggang di Indonesia

Indonesia rupanya masih menjadi pasar seksi buat BlackBerry. Hal ini terbukti dengan diluncurkannya perangkat rangkaian perangkat terbaru produsen asal Kanada tersebut yakni BlackBerry Leap (Rp3,6 juta), BlackBerry Passport Silver Edition (Rp8,8 juta) dan BlackBerry Porsche Design (Rp20 jutaan).

Store

Sony Buka Experience Store di Grand Indonesia

Kans penjualan offline melalui gerai-gerai fisik memang dinilai masih dominan ketimbang penjualan online, meski saat ini banyak bermunculan situs e-commerce. Oleh karena itu, Sony membuka outlet baru di East Mall Grand Indonesia, Jakarta.

URL: http://selular.id/hezwnU