Review Buku : 30 Tokoh dan Eksekutif Selular

Review Buku : 30 Tokoh dan Eksekutif Selular

1513

image

Jakarta, Selular.ID – Tak ada yang mengira industri selular begitu meraksasa.  Hingga akhir 2015 jumlahnya sudah menembus angka 325 juta pelanggan. Itu berarti penetrasi pasar sudah saturated, bahkan melebihi populasi penduduk. Di kota-kota besar seperti Jakarta, Medan, Makassar, Bandung atau Surabaya, malah sudah melebihi 200 persen.

Industri selular juga menjadi berkah bagi negara berkembang, seperti Indonesia. Hal itu lantaran kian terjangkau dan berkembangnya layanan selular di tengah semakin kurang populernya layanan telepon tetap (fixed phone). Persepsi masyarakat terhadap telepon tetap yang dianggap mahal dan tak praktis, berimbas pada layanan pasca bayar yang kurang diminati. Wajar jika 95 persen pengguna ponsel di Indonesia adalah tipe pra bayar.

Kemegahan industri selular juga bisa dilihat dari sisi pendapatan yang diperkirakan telah menembus di atas Rp 120 triliun per tahun.  Pendapatan sebesar itu tak lepas dari besarnya nilai investasi yang sudah ditanamkan. Capex (capital expenditure) yang dibenamkan oleh para operator per tahun berkisar Rp 4 – 12 triliun. Investasi mencolok dapat dilihat dari jumlah BTS yang sudah mencapai lebih dari 300 ribu unit yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia.

Tentu saja kemajuan industri selular yang kini sudah memasuki era internet, cepat tak terlepas dari peran para pelaku didalamnya. Sejak diperkenalkan pertama kali pada 1984 dengan hadirnya teknologi NMT (Nordic Mobile Telecommunication), industri ini telah melahirkan banyak figur yang berjasa menghantarkan pada pertumbuhan jumlah pelanggan yang berujung pada kemajuan ekonomi Indonesia.

Buku “30 Tokoh dan Eksekutif Selular”, menghadirkan para pelaku yang berperan dalam pencapaian industri selular dalam masa tiga dekade (1984 – 2016). Mereka tersebar dari banyak kalangan, mulai regulator, operator, vendor handset, vendor jaringan, produsen chipset, distributor, pemain e-commerce, dan lainnya. Sebagian dari mereka sudah paripurna, sebagian tetap konsisten mengarungi dinamika bisnis yang penuh dengan tantangan. Beragam cerita menarik dihadirkan yang dapat menjadi inspirasi sukses bagi kita semua.

Penerbitan buku “30 Tokoh dan Eksekutif Selular”, merupakan bagian dari rangkaian acara event Selular Congress 2016. Program lain adalah conference, pameran tiga dekade industri selular, diskusi panel yang melibatkan Menkominfo dan stake holders, serta Selular Award yang pada 2016 sudah menginjak tahun ke-13. Buku ini  juga melengkapi buku lainnya, yakni “3 Dekade Industri Selular : When Everything Becomes Digital”.

Kedua buku itu menurut rencana akan diluncurkan sesaat sebelum berlangsung Diskusi Panel yang akan melibatkan Menkominfo Rudiantara dan stake holders, serta Selular Award sebagai pamungkas acara.

So, pastikan Anda menjadi salah satu peserta Selular Congress di Balai Kartini, Jakarta, 25 Mei 2016, mulai pukul 09.00 – 21.00 WIB. Forum bergengsi ini menurut rencana akan menjadi kalender tetap bagi industri selular nasional dan juga regional. Silahkan login di www.selularcongress.com.

URL: http://selular.id/B2Nxnf