Review Buku “3 Dekade Industri Selular : When Everything Become Digital”

Review Buku “3 Dekade Industri Selular : When Everything Become Digital”

1720

COVER 3DEKADE 255X25flatJakarta, Selular.ID – Industri selular di Indonesia kini sudah memasuki era internet cepat. Hadirnya 3G dan 4G telah mengubah kebiasaan masyarakat secara drastis. Mengakses media sosial, membalas email, selancar di dunia maya, meng-upload/download foto atau dokumen kerja, bermain game, menonton video online dengan kualitas HD, serta beragam aktifitas lainnya, telah menjadi kebiasaan baru, terutama pada generasi milenial. Ini adalah lompatan yang luar biasa, mengingat beberapa tahun  lalu, masyarakat masih terbiasa dengan layanan dasar (voice dan SMS).

Dengan kecepatan akses mencapai lebih 100 Mbps, tiga kali lebih cepat dibandingkan 3G, teknologi 4G memberikan kesempatan bagi terciptanya ekosistem digital berbasis DNA (device, network dan application), sekaligus mendorong tumbuhnya ekonomi digital. Operator pun dengan sigap menankap peluang dengan menghadirkan beragam bisnis baru dengan platform yang sungguh-sungguh berbeda dibandingkan selular generasi sebelumnya.

Selain M2M (Machine to Machine, beragam layanan digital yang ditawarkan operator kini semakin marak, seperti mobile advertising, mobile payment, mobile entertainment (game dan musik), hingga e-commerce. Beragam new business tersebut diharapkan dapat menjadi revenue stream baru ditengah menukiknya pendapatan dari layanan suara dan SMS.

Everything Becomes Digital. Inilah yang menjadi penanda tumbuh dan berkembang industri selular di tengah kondisi pasar yang sudah saturated. Meski layanan digital baru mengkontribusi rata-rata 30%-40% dari pendapatan operator, namun jumlah pengguna internet yang kini sudah mencapai 80 juta jiwa, dimana mayoritas mengaksesnya lewat perangkat mobile, merupakan pasar yang sangat potensial. Tak diragukan lagi, layanan data terutama aplikasi dan konten adalah masa depan industri selular.

Penerbitan buku “3 Dekade Industri Selular : When Everything Becomes Digital” merupakan bagian dari upaya merekam sejarah dan momen-momen penting, trend dan teknologi, serta pencapaian industri selular selama tiga dekade (1984 – 2016).

Buku ini juga mengulas secara komprehensif mengenai kiprah para pelaku industri, seperti operator penyelenggara jasa, vendor produk, distributor dan retailer produk, produsen dan retailer aksesoris, penyedia jasa e-commerce, serta pelaku industri lainnya.

Menurut rencana peluncuran buku ini secara resmi akan dilakukan dalam gelaran “Selular Congress 2016” di Balai Kartini Jakarta, 25 Mei 2016. Menkominfo Rudiantara akan membubuhkan tanda tangannya, sesaat sebelum dimulainya acara Diskusi Panel bersama para stake holder industri. Setelah peluncuran buku ini, acara akan dilanjutkan dengan Diskusi Panel yang melibatkan Menkominfo dan para stake holder lainnya, serta Selular Award yang pada 2016 sudah menginjak tahun ke-13.

So, pastikan Anda menjadi salah satu peserta dalam forum bergengsi yang akan digelar setiap tahun ini. Silahkan login di www.selularcongress.com.

URL: http://selular.id/FFdCID