Inilah Daftar 30 Tokoh dan Eksekutif Industri Selular Indonesia

Inilah Daftar 30 Tokoh dan Eksekutif Industri Selular Indonesia

3540

Garuda SugardaJakarta, Selular.ID – Siapa tak kenal dengan Garuda Sugardo. Ia adalah salah satu figur penting dibalik menterengnya kinerja Telkomsel yang terus dipertahankan hingga usia ke-21 pada 26 Mei 2016 nanti. Bersama dengan sang Dirut Koesmarihati, Garuda bahu membahu membangun jaringan Telkomsel yang membentang dari Sabang hingga ke Papua. Hebatnya, pekerjaan yang nyaris muskil itu, dilakukan hanya dalam masa tiga tahun (1995 – 1998).

Menurut Garuda, sejak awal berdirinya, doktrin pengembangan jaringan Telkomsel adalah: C3 (coverage, coverage dan coverage). Setelah coverage terpenuhi di suatu wilayah, maka strategi industrinya adalah C3QS (coverage, capacity, cost, quality and sevices).

Sayangnya badai krisis moneter membuat rencana-rencana Garuda berantakan. Sebagai perusahaan induk, manajemen PT Telkom bahkan menilai pembangunan jaringan luas itu sudah bersifat over expansion dan berdampak pada membengkaknya Capex. Hal ini yang menjadi alasan pemberhentian Garuda dan jajaran BOD lainnya.

Tentu banyak pro dan kontra tentang langkah-langkah Garuda dalam masa-masa awal membangun Telkomsel. Namun faktanya, legacy yang ditinggalkan menjadi fondasi yang sangat penting bagi pertumbuhan Telkomsel. Pun, sampai kini tak ada operator lain mampu menandingi penggelaran jaringan sebaik dan seluas yang dilakukan Telkomsel.

Selain Garuda Sugardo, industri selular juga tak lupa dengan sosok Hermes Thamrin. Kiprah pria asal Tanjung Balai, Sumatera Utara ini, sangat lekat dengan distribusi ponsel dari merek-merek ternama. Sebagai pendiri Global Teleshop dan Nokia Profesional Center, Hermes layak disematkan bintang jasa karena ia jatuh bangun membangun jaringan ritel ponsel modern yang sangat dibutuhkan vendor, operator dan masyarakat luas. Dengan sendirinya, mewabahnya penggunaan ponsel mendorong kemajuan ekonomi bangsa.

Kisah Garuda Sugardo dan Hermes Thamrin merupakan bagian dari cerita besar yang ditampilkan dalam buku “30 Tokoh dan Eksekutif Selular”. Buku ini diterbitkan oleh Selular Media Group dalam rangkaian event Selular Congress 2016, yang akan berlangsung di Balai Kartini, 25 Mei 2016. Sekaligus menandai pencapaian industri selular Indonesia yang sudah melewati masa tiga dekade (1984 – 2016). Kehadiran buku ini, melengkapi buku lainnya yakni “3 Dekade Industri Selular : When Everything Becomes Digital”, yang diterbitkan secara bersamaan di acara bergengsi tersebut.

Buku “30 Tokoh dan Eksekutif Selular”, menghadirkan para pelaku yang berperan dalam pencapaian industri selular. Mereka tersebar dari banyak kalangan, mulai regulator, operator, vendor handset, vendor jaringan, produsen chipset, distributor, pemain e-commerce, dan lainnya. Sebagian dari mereka sudah paripurna, seperti Garuda Sugardo dan Hermes Thamrin. Namun sebagian tetap konsisten mengarungi dinamika bisnis yang penuh dengan tantangan. Seperti Hengky Setiawan, Hasan Aula, Merza Fachys, Erik Meijer, dan lainnya. Beragam cerita menarik dihadirkan yang dapat menjadi inspirasi sukses bagi kita semua.

Ke 30 Tokoh dan Eksekutif Selular itu adalah :

  1. Azis Mochdar (Mantan Vice President PT Elektrindo Nusantara/Komisaris PT Bimagraha Elektrindo)
  2. Koesmarihati (Mantan Dirut Telkomsel, 1995 – 1998)
  3. Garuda Sugardo (Mantan BOD Telkomsel, Indosat dan Telkom)
  4. Jonathan Limbong Parapak (Mantan Dirut Indosat, 1980 – 2001)
  5. Hasnul Suhaimi (Mantan Direktur PT XL Axiata, 2006 – 2014)
  6. Hermes Thamrin (Mantan Chairman Global Teleshop)
  7. Johny Swandi Sjam (Mantan Dirut Indosat, 2007 – 2009)
  8. Rudiantara (Menkominfo RI. Mantan Direktur Indosat, Telkomsel, Excelcomindo)
  9. Alexander Rusli (Direktur Utama Indosat Ooredoo)
  10. Alex Janangkih Sinaga (Direktur Utama PT Telkom)
  11. Hasan Aula (CEO dan VP Director Erajaya Swasembada)
  12. Hengky Setiawan (Chairman Telesindo Group)
  13. Dany Buldansyah (Wakil Direktur Utama Huchinson 3 Indonesia)
  14. Dian Siswarini (Dirut XL Axiata)
  15. Dicky Moechtar (Direktur Utama Internux Bolt!)
  16. Erik Meijer (CEO Telkom Telstra, Mantan Direktur Telkomsel, VP Director Bakrie Telecom)
  17. Merza Fachys (Direktur Utama Smartfren Telecom)
  18. Ririek Adriansyah (Direktur Utama Telkomsel)
  19. Adrie R. Suhadi (Country Lead Lenovo Mobile Business Indonesia)
  20. Dwi Lingga Jaya (CEO Wiko Mobile Indonesia)
  21. Ellen Angerani (Marketing Director Huawei Consumer Indonesia)
  22. Juliana Cen (Country Product Group Leader Asus Indonesia)
  23. Lee Kang Hyun (VP Director Samsung Electronics Indonesia)
  24. Tjandra Lianto (Marketing Director Advan)
  25. Usun Pringgodigdo (GM Mobile Phone Division Politron)
  26. Mei Zhong Hua (President Director ZTE Indonesia)
  27. Thomas Jul (President Director Ericsson Indonesia)
  28. Harry K. Nugraha (Country Manager Intel Indonesia)
  29. Akiong Wijaya (General Manager Royal Accessories)
  30. Agus Salim (CEO Hippo Group)

So, pastikan Anda menjadi salah satu peserta Selular Congress di Balai Kartini, Jakarta, 25 Mei 2016, mulai pukul 09.00 – 21.00 WIB. Forum bergengsi ini menurut rencana akan menjadi kalender tetap bagi industri selular nasional dan juga regional. Silahkan login di www.selularcongress.com.

URL: http://selular.id/ojOvcO