Berpotensi Sebagai Ancaman, Ericsson Terus Pantau Proyek Balon Internet Google

Berpotensi Sebagai Ancaman, Ericsson Terus Pantau Proyek Balon Internet Google

1318

Thomas-Jul-EricssonJakarta, Selular.ID – Salah satu produsen teknologi jaringan telekomunikasi 4G-LTE, Ericsson, mengaku terus memantau pemberitaan seputar uji coba Project Loon Google. Seperti diketahui, pekan lalu, tiga operator terbesar Tanah Air menandatangani kesepakatan uji coba dalam mengalirkan akses internet yang dipancarkan oleh “BTS terbang” berupa balon udara.

Balon internet itu dirancang untuk melayani wilayah terpencil di nusantara yang hingga kini belum tersentuh jaringan telekomunikasi.

Proyek itu, otomatis, menjadi rival baru bagi vendor penyedia jaringan. Jika uji coba tersebut berhasil, dan operator memilih balon udara ketimbang BTS (base transceiver station) regular untuk menggelar layanannya di beberapa wilayah, itu berarti mengurangi pasar vendor jaringan seperti Ericsson.

Menanggapi hal tersebut, pada acara pengumuman kerja sama Ericsson bersama Telkomsel, Indosat, dan XL, kemarin di Jakarta (3/11/2015), Thomas Jul, Head of Ericsson Indonesia dan Timor Leste mengaku terus memantau pemberitaan seputar Project Loon dan mengikuti perkembangannya. Dengan begitu, Ericsson bisa terus mengawasil sambil mengembangkan teknologi sendiri untuk tetap menjadi yang terbaik dalam membawa teknologi 4G-LTE.

“Bagi saya, Project Loon adalah uji coba. Saat ini uji coba sedang berlangsung di wilayah (negara) berbeda di belahan dunia lain. Menjadi pemimpin di teknologi (jaringan) terdepan, sangat penting. Ketika diumumkan, kami memonitor apa yang terjadi. Apakah itu sekadar uji coba atau apa. Dan kami terus mengikuti perkembangan (proyek tersebut) dengan antusias,” paparnya.

Baca Juga:  Delay Video Streaming Picu Stres Lebih Tinggi Dibandingkan Kemacetan

Jul menekankan bahwa waktu yang akan menjawab apakah itu adalah solusi yang terbaik atau bukan.

Ditemui seusai acara, Herdyana Syintawati, Vice President Marketing and Communication Ericsson Indonesia, menambahkan bahwa Project Loon masih dalam level uji coba. Dalam dunia teknologi, yang namanya uji coba itu sangat penting untuk teknologi apapun. Demi kemajuan teknologi itu sendiri. Wanita yang akrab disapa Nana itu juga mengaku terus memantau apa yang dilakukan pihak lain dalam berbagai uji coba teknologi baru seperti ini.

Ketika ditanya apakah ada komponen atau elemen network dari Ericsson yang digunakan dalam Project Loon, Jul enggan berkomentar.

Jul menekankan bahwa industri LTE dan pengembangan jaringan LTE, juga segala sesuatu yang berlangsung di dalamnya, merupakan ekosistem yang sangat ketat. “Menjadi vendor terkemuka dan menjadi pemimpin di bidang teknologi LTE, mewajibkan kami harus bisa menangatasi semua bidang,” pungkasnya.

Apakah itu berarti Ericsson akan mempunyai teknologi serupa balon internet dalam waktu dekat? Kita tunggu saja.

URL: http://selular.id/zToSVn
  • @atalantageese

    kalo Galoon sukses menjangkau pelosok negeri, wilayah terpencil, jooss.. lah.. bnagka selatan menanti Galoon..:D