Waspada! Smartwatch Bisa Bocorkan PIN ATM ke Peretas

Waspada! Smartwatch Bisa Bocorkan PIN ATM ke Peretas

1633

atm-pinJakarta, Selular.ID – Studi terbaru dari Binghamton University mengisyaratkan bahwa arloji pintar yang melingkar di pergelangan tangan Anda mungkin tidak se-aman yang Anda bayangkan, karena bisa memberikan kode PIN ATM ke pihak-pihak yang tidak diinginkan.

Menurut para peneliti, timbulnya bahaya tersebut bisa terjadi berkat adanya sensor gerak yang tertanam di perangkat yang bisa dipakai seperti smartwatch dan pelacak kebugaran.

Dilansir Selular.ID dari IEEE Spectrum (5/7/2016), dengan fungsi sensor yang ditambah data-data lain, jam tangan cerdas mampu merekam informasi gerakan tangan yang memungkinkan peretas untuk “membuat lintasan dari tangan pengguna” dan “memulihkan rahasia pengetikan tombol.”

Baca Juga:  Tren Mobile Banking Bikin Keamanan ATM Kian Rentan

Guna menguji hipotesa mereka, kelompok peneliti menggunakan komputer algoritma yang membuktikan bahwa mereka bisa meretas password dari sistem input berbasis tombol jari dengan tingkat keberhasilan 80 persen.

Lebih lanjut, penelitian mengungkap peretas bisa menarik informasi tentang gerakan tangan pengguna baik dengan cara menulari perangkat dengan malware atau dengan cara menghadang koneksi Bluetooth yang menghubungkan smartwatch ke smartphone.

Dengan hasil studi di atas, bagi Anda pengguna smartwatch, sebaiknya lebih waspada. Anda mungkin harus menggunakan tangan-yang-bebas-smartwatch untuk mengetik password mulai sekarang.

URL: http://selular.id/xLlpY0