Review Asus Zenbook Flip UX305CA : Notebook Lipat Tampil Memikat

Review Asus Zenbook Flip UX305CA : Notebook Lipat Tampil Memikat

DSC_0484Jakarta, Selular.ID – Sebagai salah satu perangkat yang senantiasa dibawa-bawa, perangkat notebook pun dituntut tidak hanya menyimpan ketangguhan spesifikasi teknis di dalamnya. Tetapi juga memiliki desain yang nyaman. Menjawab kebutuhan tersebut, Asus merilis produk notebook terbarunya, yaitu asus zenbook flip UX305CA.

Desain
Adanya kata ‘flip’ memang menjadi tanda kalau notebook ini memiliki desain yang bisa dilipat. Yaitu bagian layar yang bisa ditekuk 360 ̊ hingga ke bagian bawah bodi atau bagian keyboard. Ini membuat tampak seperti sebuah tablet.

Ketika berubah menjadi bentuk menyerupai tablet, tidak perlu khawatir area keyboard-nya akan tergores ketika diletakkan di meja. Karena area keyboard-nya ini sudah dilindungi dengan safety rubber dock untuk menjadi semacam kaki alas di meja.

Desain dan warna Asus Zenbook Flip terlihat sangat eksklusif. Tampil solid dengan tekstur metal, dengan tampilan warna terkesan gold. Bodi notebook ini terasa solid lantaran menggunakan aluminium di sekujur bodinya.

Bodi notebook ini juga terbilang tipis , dengan ukuran ketebalan hanya 13,9 mm. Soal bobotnya, notebook berlayar 13,3 inci ini memiliki ukuran berat 1,3Kg. Terbilang ringan untuk dibawa-bawa.

DSC_0493

Layar
Layar berukuran 13,3 inchi pada notebook ini sudah touchscreen. Sentuhan pada layarnyanya pun terasa responsive. Soal tampilannya, layar berteknologi IPS ini sudah berresolusi FullHD. Jadi tidak heran jika gambar terlihat tajam. Namun ketika terkena pantulan cahaya, layar yang sudah dilapisi anti glare ini masih terasa kurang maksimal dalam meredam refleksi tersebut.

Tapi asyiknya, layar di notebook ini sudah dilengkapi dengan fitur Splendid Display. Yaitu fitur untuk adjust warna layar ke ambience. Dengan begitu mata tidak akan cepat lelah meski memandangi layar ini hinga berjam-jam.

Beralih ke area keyboard. Yang menarik dari area ini, yaitu warna tombolnya yag menyesuaikan dengan warna bodi notebook ini. Dengan tetap menampilkan kesan gold. Ini membuat tombol keyboard seperti terlihat full-metal. Meski sebenarnya ketika ditekan tombol-tombol ini terasa empuk. Untuk area trackpad-nya pun , terasa begitu responsif.

Port
Sekarang kita mulai menelusuri beberapa port di bodi notebook ini. Di sisi kiri ada 1 USB 3.0, SD Card reader, indikator batere, indikator power, volume button, dan power button.
Di sisi kanan, ada audio jack 3,5mm, mini HDMI port, USB Type-C, USB 3.0 dan Power port untuk nge-charge.
Karena bodi notebook ini terbilang tipis, membuat beberapa port harus rela dihilangkan. Sebagai gantinya disediakan asesoris terpisah dalam paket penjualannya, antara lain adapter LAN dan HDMI.

Baca Juga:  Recommended by Selular : Asus Zenfone 3 Max ZC553KL - Baterai Tahan Lama , Performa Bisa Diandalkan

Performa
Tidak hanya mementingkan soal tampilan desain, Asus Zenbook Flip juga dibekali dengan ‘onderdil’ berspesifikasi mumpuni. Mulai dari prosesor Intel generasi terbaru Core M3 Skylake, RAM 8GB DDR3, termasuk Windows 10 yang sudah embedded. Dengan spesifikasi itu, tidak heran kinerja notebook ini bisa ‘berlari’ dengan kencang. Termasuk untuk membuka berbagai macam file bisa dilakukan dengan cepat.

Terlebih didukung memory internal SSD, tentunya kecepatan read dan write-nya terbilang cepat, mencapai 400MB/s.

Storage Ultrabook ini mempunyai kapasitas sebesar 512GB dimana teknologi hardisk sudah SSD SATA III. Hal ini memudahkan pengguna dalam kinerja mentransfer data jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan hardisk biasa.

Batere
Untuk daya tahan hidupnya, Zenbook Flip UX360CA dibekali dengan baterai yang bisa membuat bertahan hingga 10 jam untuk pemakaian standar.

Kesimpulan
Dari tampilan desainnya saja Asus Zenbook Flip UX305CA sudah memberikan daya tarik. Dengan bodinya yang terbilang tipis dan ringan dengan baluran warna yang elegan. Belum lagi kemampuan transformasi bentuknya yang bisa dilipat sejauh 360 derajat. Soal spesifikasi onderdilnya juga terbilang mumpuni. Tidak heran jika kinerja notebook ini terbilang bagus. Untuk itu semua Asus Zenbook Flip UX305CA dibanderol seharga Rp 14.299.000 ajah.

—-

Dimensi : 12.71 x 8.66 x 0.54 inches
Berat : 1,3Kg
Processor : Intel Core m3-6Y30 0.9GHz
OS : Windows 10
RAM : 8GB LPDDR3 SDRAM 1866MHz
Storage : 512GB SSD SATA III
Layar : 13.3 inchi – 1920 x 1080 Full HD
Graphics : Intel HD 515
WiFi : 802.11ac
Battery : 7hrs 38min

URL: http://selular.id/L9CE9y