Sudah Waktunya Manfaatkan Komputasi Awan

Sudah Waktunya Manfaatkan Komputasi Awan

1673
Ilustrasi cloud computing
Ilustrasi cloud computing

Jakarta, Selular.ID – Tatkala berbicara tren teknologi informasi tahun ini, banyak firma riset dan analis pasar memprediksi akan datangnya era cloud computing (komputasi awan). Dibandingkan dengan server, cloud computing dinilai mempunyai fleksibilitas, lebih aman, dan efisiensi biaya. Tak heran jika dalam waktu singkat komputasi awan menjadi populer, khususnya di kalangan pebisnis.

Cloud computing sangat fleksibel,” kata Jeremy Andreas, Country Manager Fortinet Indonesia kepada Selular.ID. “Apalagi sekarang¬†dipengaruhi oleh faktor trust yang tinggi.”

Menurut penjelasan Jeremy, saat ini bisnis cloud sudah sampai pada solusi¬†Hybrid Cloud. Solusi tersebut memadukan cloud personal dengan cloud publik untuk memberikan kemudahan, pilihan beragam dan kemampuan yang mumpuni. “Hybrid cloud me-mix antara private dengan public cloud,” timpalnya.

Baca Juga:  Cloud Security Platform, Inovasi dari Symantec Menuju Generasi Cloud

Jeremy melanjutkan, solusi hybrid cloud ini tidak mengunduh di private cloud lalu mengunggah di public cloud, begitu juga sebaliknya. Melainkan, mengintegrasikan keduanya sehingga lebih mudah digunakan dan hemat biayanya.

Menurut data dari Frost & Sullivan, pertumbuhan pasar komputasi cloud khusus Indonesia dapat mencapai lebih dari USD120 juta dalam dua tahun ke depan. Ditambah dengan pertumbuhan pengguna ponsel di Indonesia yang mencapai 282 juta unit di tahun 2014, teknologi cloud merupakan alternatif penyimpanan data sehingga data tidak harus disimpan di ponsel.

Dengan memanfaatkan teknologi penyimpanan cloud disertai dengan peningkatan kecepatan dan kualitas jaringan telekomunikasi, pengguna dapat mengakses data pribadi mereka secara real-time dari mana pun dengan menggunakan ponsel.

URL: http://selular.id/TNpi3