Review : Oppo F3 – Dual Camera Wide Selfie Dengan Harga Lebih...

Review : Oppo F3 – Dual Camera Wide Selfie Dengan Harga Lebih Murah

SHARE

Oppo F3Jakarta – Tidak berselang lama setelah meluncurkan F3 Plus, Oppo langsung merilis seri selnjutnya yaitu Oppo F3. Seri yang satu ini sengaja dihadirkan oleh Oppo untuk mengisi segmen pasar di bawah harga Oppo F3 Plus. Ya..harga Oppo F3 memang dibanderol lebih murah, yaitu Rp 4,4 juta, dibandingkan Oppo F3 Plus yang dijual seharga Rp 6,5 juta.

 

Oppo F3 masih mengusung fitur dual camera selfie sebagai fitur andalannya. Dan memang tidak ada perbedaan antara F3 dan F3 Plus untuk fitur kamera selfie. Kamera depan F3 Plus memiliki lensa ganda. Kamera selfie pertama memiliki sensor 1/3 inci 16MP dengan berbukaan F2.0. Kamera ini memiliki sudut pandang normal, yaitu  di kisaran 70 derajat. Fungsinya untuk memotret selfie seperti biasanya.

 

Kamera selfie kedua, memiliki sensor 8MP dan lensa bersudut pandang lebar. Nah kamera yang satu ini dilengkapi lensa ultra-wide yang memungkinkan menangkap gambar dengan sudut pandang selebar 120 derajat. Ini berfungsi untuk memotret group selfie atau biasa disebut Wefie. Yaitu memotret selfie dengan banyak orang dengan angle yang luas. Selain memiliki sudut pandang yang lebih luas, kehebatan lain dari kamera selfie 120 derajat di F3 Plus ini yaitu tidak menimbulkan efek distrosi. Maksudnya, hasil fotonya tidak akan ikut  melebar, tapi hanya jangkauan kameranya saja yang meluas.

 

Desain

Dilihat dari sisi tampilan desain, antara F3 dan F3 Plus tidak ada bedanya. Termasuk bahan metal agak dof yang juga melapisi F3. Sama dengan seri F3 Plus ,  Oppo F3 didesain dengan bahan bodi yang sama. Yaitu dengan teknologi eksklusif U-rail Spray yang membuat perangkat memiliki lebar bingkai body sebesar 2.0 mm

 

Namun jika diperhatikan secara seksama, maka akan terlihat bahwa perbedaan keduanya terletak pada ukuran bodi F3 yang lebih ramping, yaitu 27% lebih tipis dari F3 Plus. Oppo F3 berukuran bodi lebih kecil, yaitu 153.3 x 75.2 x 7.3 mm. Sedangkan Oppo F3 Plus sedikit lebih besar, dengan dimensi 163.6 x 80.8 x 7.4 m. Untuk bobotnya, F3 juga lebih ringan, yaitu 153 gram. Sedangkan Oppo F3 Plus berbobot 185 gram.

 

Layar

Karena memiliki dimensi bodi yang lebih kecil, maka ini tentu berdampak pada ukuran layar sentuh F3 yang juga ikutan menyusut. Jika layar F3 Plus terasa lapang dengan ukuran 6 inchi, maka ukuran layar F3 sebenarnya masih terasa cukup luas, yaitu 5,5 inchi.

 

Meski memiliki dimensi layar yang berbeda, namun Oppo tidak lantas menurunkan ketajaman layar di F3. Layar di smartphone ini tetap dibekali dengan teknologi IPS TFT. Resolusi nya pun tetap Full HD (1920 by 1080 pixels). Termasuk juga layar di F3 sudah dilapisi lapisan Corning Gorilla Glass 5, yang membuat layar ini tahan terhadap goresan benda keras bahkan tajam.

 

Untuk tampilan UI-nya, Android 6.0 yang diadopsi F3 dipadukan dengan tampilan ColorOS 3.0. Ini membuat sistem operasi terasa sangat responsif yang memberikan performa lebih cepat, halus, hemat energi dan stabil.

 

Kamera Belakang

Hal lain yang membedakan, adalah kamera belakang F3 yang sedikit direduksi, resolusinya sebatas 13 Mpix. Sedangkan Oppo F3 Plus kamera belakangnya berresolusi 16 Mpix.

Namun untuk kamera depan atau kamera selfienya masih sama. Kemampuan foto selfie F3 sama bagusnya dengan F3 Plus. Kamera depan F3 menggunakan dual lensa 16MP untuk kamera normal dan 8MP untuk lensa wide.

 

F3 mendukung kamera belakang 13 MP dengan sensor 1/3 inci. Kamera F3 mampu memaksimalkan kepekaan cahaya, membuat foto malam hari yang indah. Pixel yang besar juga bekerja untuk meningkatkan dynamic range yang memungkinkan kedalaman dan detail yang jelas untuk menangkap foto yang sangat jelas. Teknologi PDAF membuat pengalaman pengambilan gambar yang cepat dan tajam. Bahkan dengan objek yang bergerak, F3 dapat mengambil gambars] tanpa hambatan.

 

Kinerja

Perbedaan lain yang tidak kalah penting, yaitu soal dapur pacu yang menjadi motor smartphone ini. Dapur pacu Oppo F3 dibekali dengan prosesor Mediatek MT6750T Octa-core 1.5GH. Kinerja prosesor ini juga dibantu RAM berkapasitas 4 GB. Sedangkan F3 Plus mengandalkan prosesor Qualcomm MSM8976 Pro Snapdragon 653 Octa-core dengan kapasitas yang sama, yaitu 4 GB

 

Untuk ruang penyimpanannya, memori internal F3 sama besarnya dengan F3 Plus, yaitu berkapasitas 64 GB. Hanya saja kemampuan slot Micro SD sebagai memori tambahnnya berbeda. Di F3 slot micro SD hanya bisa membaca maksimal kapaitas 128 GB, sedangkan di F3 Plus bisa hingga 256 GB. Perbedaan lain antara F3 dan F3 Plus, ada pada baterainya. F3 punya kapasitas baterai lebih kecil dibanding F3 Plus. Kapasitas baterai F3 hanya 3.200 mAh, dan tak didukung teknologi charger khas Oppo, yaitu VOOC. Berbeda dengan F3 Plus yang baterainya berkapasitas 4000 mAh dan berteknbologi VOOC.

 

 

 

URL: http://selular.id/4WZbHW

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here