Review : Oppo F3 Plus – Dual Selfie Camera Berkemampuan Beda

Review : Oppo F3 Plus – Dual Selfie Camera Berkemampuan Beda

OPPO F3 Plus (1)Jakarta, Selular.ID – Setelah cukup lama mengangkat seri smartphone F1 dari mulai tahun lalu hingga di awal tahun 2017, akhirnya Oppo merilis penerus smartphone selfie expert tersebut. Kini giliran seri F3 yang diandalkan vendor asal Tiongkok ini untuk memperkuat posisinya sebagai smartphone yang jago di urusan kamera khususnya selfie. Sekaligus mempertahankan posisinya di pasar smartphone Tanah Air yang saat ini bercokol di peringkat dua di bawah Samsung.

 

Seperti generasi F series sebelumnya, Oppo F3 Plus kembali mengusung menu selfie sebagai senjata andalannya. Untuk memanjakan pencinta selfie, kamera depan F3 Plus memiliki lensa ganda. Fungsinya untuk menangkap foto selfie seperti biasa, tapi sekaligus bisa menghasilkan foto selfie dengan jangkauan yang lebih lebar. Dengan begitu bisa melakukan Wefie, atau berfoto selfie ramai-ramai, dengan mudah.

 

Kamera selfie ganda pada F3 Plus terdiri dari Kamera selfie pertama memiliki resolusi 16MP untuk foto selfie seperti biasanya, dan kamera selfie kedua memiliki resolusi 8MP dengan lensa bersudut pandang lebar.  F3 Plus sendiri, memiliki komposisi hardware tergolong mumpuni untuk. F3 Plus tertanam prosesor octa-core Qualcomm Snapdragon 652 berkecepatan 1,95 GHz dengan GPU Adreno 510. Chip tersebut dipasangkan dengan RAM 4 GB dan memori internal 64 GB.

 

Spesifikasi selebihnya dari Oppo F3 Plus mencakup baterai 4.000 mAh dengan teknologi pengisian cepat VOOC dan sistem operasi Android 6.0 “Marshmallow” yang dilapis antarmuka Color OS 3.0 khas Oppo. Untuk harganya sendiri terbilang cukup menguras kantong. Konsumen yang ingin memiliki Oppo F3 Plus harus merogoh kocek, hingga Rp 6,5 jutaan.

 

Dual Selfie Kamera

Kamera depan F3 Plus memiliki lensa ganda. Kamera selfie pertama memiliki sensor 1/3 inci 16MP dengan berbukaan F2.0. Kamera ini memiliki sudut pandang normal, yaitu  di kisaran 70 derajat. Fungsinya untuk memotret selfie seperti biasanya.

OPPO F3 Plus1

Kamera selfie kedua, memiliki sensor 8MP dan lensa bersudut pandang lebar. Nah kamera yang satu ini dilengkapi lensa ultra-wide yang memungkinkan menangkap gambar dengan sudut pandang selebar 120 derajat. Ini berfungsi untuk memotret group selfie atau biasa disebut Wefie. Yaitu memotret selfie dengan banyak orang dengan angle yang luas.

 

Selain memiliki sudut pandang yang lebih luas, kehebatan lain dari kamera selfie 120 derajat di F3 Plus ini yaitu tidak menimbulkan efek distrosi. Maksudnya, hasil fotonya tidak akan ikut  melebar, tapi hanya jangkauan kameranya saja yang meluas. Lensa ini dapat menangkap gambar 105 persen lebih luas dari lensa 80 derajat yang biasanya tersemat pada ponsel pintar. Kemampuan ini mirip dengan yang ada lensa wide-angle.

 

Teknologi Kamera

Untuk mendukung performa kamera depan yang lebih maksimal, Oppo juga menggunakan enam lapisan kamera yang biasa digunakan di kamera belakang ponsel premium. Lensa ini terdiri dari enam elemen untuk mengoreksi cahaya yang masuk sehingga hasil akhirnya tidak tampak terlalu terdistorsi.

 

Untuk kamera depan, mengusung sensor 1/3 inci demi meningkatkan pencahayaan dan ketajaman gambar. Juga memiliki bukaan sebesar f/2.0 untuk mendapatkan efek kedalaman terbaik pada gambar dan bokeh. Kedua kamera selfie di Oppo F3 Plus juga sanggup merekam video full-HD (1.920 x 1.080 piksel).

 

Sedangkan kamera belakangnya, Oppo menggunakan sensor Sony IMX398 resolusi 16 MP. Kamera belakang F3 Plus juga memiliki teknologi dual PDAF (Phase Detection Autofocus), yang diklaim dapat mencari titik fokus 40 persen lebih cepat bahkan dalam kondisi kurang cahaya sekalipun. Kemampuan merekam videonya bisa menghasilkan video 4K.

 

Desain
Oppo sendiri memposisikan F3 Plus, sebagai salah satu smartphone flagship. Sepintas konsep desain F3 Plus, tidak memiliki perbedaan ekstrim dengan beberapa smartphone Oppo yang terlebih dahulu rilis.

OPPO F3 Plus (2)

F3 Plus tetap hadir dalam konsep desain uni bodi yang simple dan elegan. Bodinya menggunakan bahan metal, plus sentuhan unsur doft. Hadirnya layar 6 inci, membuat bodi ponsel ini menjadi bongsor, alhasil konsumen dengan tangan yang kecil akan kurang nyaman saat menggenggamnya. Layarnya sendiri memiliki konsep 2,5D dengan Corning Gorilla Glass 5.

 

Pada awal peluncurannya Oppo F3 Plus hadir dengan warna gold. Namun berselang beberapa lama Oppo kembali mengeluarkan varian baru dari F3 Plus, yang kali ini berwarna hitam, atau disebut dengan F3 Plus Black Edition.

 

Prosesor dan Baterai

Oppo F3 Plus juga memiliki spesifikasi yang diklaim dapat menghasilkan performa cepat. Ini lantaran disokong dengan prosesor octa-core Snapdragon 653 dengan RAM 4GB dan memori internal yang bisa diekspansi dengan microSD hingga 256GB. Smartphone ini telah berjalan dengan sistem operasi Android Marshmallow (6.0) dan antarmuka ColorOs 3.0.

 

Ketika diukur kinerja smartphone ini menggunakan aplikasi AntuTu Benchmark, diperoleh angka penilaian 93357. Sedangkan saat menggunakan aplikasi Geekbench diperoleh hasil 1389 (single Core) dan 4357 (multicore)

Screenshot_2017-04-25-14-53-09-64
Untuk daya baterai, Oppo F3 Plus ditopang dengan baterai 4.000mAh dengan teknologi pengisian cepat VOOC Flash Charge. Tidak lupa, mengikuti tren F3 Plus juga sudah disematkan teknologi pemindai sidik jari.

 

SPESIFIKASI :

DIMENSION     : 163.6 x 80.8 x 7.4 mm

WEIGHT           : 185 gram;

FREQUENCY     : 850/900/1800/1900, 3G/HSDPA/4G/LTE

PROSESOR       : Qualcomm MSM8976 Pro Snapdragon 653 Octa-core

RAM                : 4 GB

LAYAR              : 6 inchi 1080 x 1920 pixels, IPS

MEMORI           : 64 GB, Micro SD 256 GB

KAMERA           : 16 MP, Dual 16 MP + 8 MP

BATTERY         :  Li-Ion 4000 mAh

OS                    : Android v 6.0 Marshmallow

 

Kesimpulan    :  Meski bukan menjadi yang pertama kali menghadirkan smartphone dengan dual camera selfie, namun Oppo F3 Plus mampu menunjukkan bisa membawa kemampuan lainnya. Dan bisa dikatakan Oppo cukup cerdik dalam memenuhi kebutuhan pengguna smartphone khususnya untuk fitur photo selfie. Di smartphone dengan kamera depan yang mampu menangkap objek foto selfie yang banyak atau disebut Wefie memang ditunggu-tunggu.

URL: http://selular.id/Jlr5ti