Hands on : Canon EOS M5, Kamera Mirrorless Setangguh DSLR Profesional

Hands on : Canon EOS M5, Kamera Mirrorless Setangguh DSLR Profesional

2186

IMG_20161201_111727Denpasar, Selular.ID – Di industri kamera secara umum, sejatinya Canon menjadi salah satu pemimpin pasar. Hanya saja jika berbicara persaingan di segmen kamera mirrorless, brand asal Jepang ini bisa dikatakan tergolong “anak baru”.

Entah karena posisinya sebagai pemain baru, kamera miroless Canon sempat mendapat kritik, lantaran spesifikasinya yang serba standar. Untuk menjawan semua kritikan tersebut, Canon resmi merilis kamera mirrorless seri EOS M5.

Mengusung berbagai teknologi terkini, peforma EOS M5 digadang tidak kalah dengan kamera DSLR profesional, semisal Canon EOS 80D.

Dalam acara peluncuran di Gili Trawangan, Lombok, Selular.ID berkesempatan mengenal lebih dekat Canon EOS M5. Apa saja saja keunggulan EOS M5? Berikut ulasan singkatnya.

Tampilan
Fotografer profesional menjadi inspirasi utama Canon saat mengembangkan EOS M5, karenanya jangan heran kamera mirrorless ini punya desain seperti DSLR, hanya saja hadir dalam bodi yang lebih kecil.

Kamera ini disebut bergaya DSLR, karena memiliki punuk pada bagian atas kamera, yang tempat tersimpannya electronic viewfinder (EVF). Jika dibandingkan kamera mirrorless Canon sebelumnya seperti M10, harus diakui tampilan EOS M5 memang berkelas layaknya kamera DSLR sesungguhnya.

Keunggulan
Salah satu fitur andalan di kamera ini adalah kecepatan autofokusnya, yang kini sudah menerapkan teknologi Dual Pixel CMOS AF, layaknya kamera DSLR Canon kelas atas lainnya. Bahkan bisa dibilang EOS M5 adalah EOS 80D dengan bodi lebih kecil.

Baca Juga:  Canon ingin Kudeta HP di Pasar Printer Format Besar

Fitur unik lainnya adalah kehadiran koneksi Bluetooth untuk melengkapi WiFi pada kamera ini, yang artinya pengguna bisa menggunakan smartphone sebagai remote control namun tak akan menghabiskan daya baterai, karena Bluetooth mempunyai konsumsi daya yang lebih irit ketimbang WiFi.

Spesifikasi dan Harga
Untuk spesifikasi lainnya, EOS M5 sudah dipersenjatai sensor CMOS APS-C beresolusi 24,2 megapixel. Terdapat juga  prosesor gambar Digic 7 dengan rentang ISO dari 100 hingga 25.600. Sistem autofokusnya pun sama-sama menggunakan dual pixel, dan 49 titik autofokus silang.

LCD sentuh belakangnya berukuran 3,2 inch, dengan 1,6 juta titik yang bisa diputar ke atas sebanyak 85 derajat dan 180 derajat ke bawah. Sementara EVF-nya mempunyai resolusi 2,3 titik dengan panel OLED.

EOS M5 akan mulai dipasarkan awal bukan ini. Untuk tahap pertama, diprioritaskan untuk konsumen yang telah melakukan pre-order. Selanjutnya pada pertengahan bulan Desember, EOS M5 akan tersebar lebih luas lagi digerai-gerai resmi.

Untuk harganya sendiri, EOS M5 dijual dalam beberapa paket berbeda. Versi body only dijual dengan harga Rp 14,2 juta, sementara paket dengan lensa EF-M 15-45 mm harganya Rp 15,7 juta. Paling mahal paket dengan lensa sapu jagat EF-M 18-150 mm, dijual seharga Rp 19,9 juta.

URL: http://selular.id/I3F1Wd