Tidak Perlu Ganti Kartu Untuk Nikmati 4.5G

Tidak Perlu Ganti Kartu Untuk Nikmati 4.5G

SHARE

IMG_20170405_165800
Jakarta, Selular.ID – Pelanggan selular Indonesia tidak perlu upgrade kartu untuk mendapat layanan 4.5G. Dengan syarat, kartu yang digunakan sudah support 4G.

“Untuk bisa nikmatin 4.5G pengguna tidak perlu ganti SIM card kalau sudah 4G,” kata Rahmadi Mulyohartono, VP LTE XL Axiata, usai peresmian 4.5G Xperience Zone di Jakarta (5/4/2017).

Kalau kartu pelanggan masih 3G, silakan menghubungi layanan pelanggan atau mengunjungi gerai operator untuk upgrade ke 4G. Jika sudah, otomatis pengguna bisa merasakan layanan lanjutan 4.5G jika berada di area yang tercover dan menggunakan perangkat yang mendukung.

Seperti diketahui, penyedia layanan telekomunikasi nasional sudah menggelar jaringan 4.5G sejak akhir tahun lalu. Namun masyarakat belum sepenuhnya bisa menikmati layanan lanjutan 4G LTE tersebut.

Berbeda dengan jaringan 4G yang sudah meluas di berbagai kota sampai tingkat kabupaten, area 4.5G masih terbatas. Operator XL misalnya, mengaku telah membangun 2000 BTS khusus 4.5G.

Wilayah yang sudah dijangkau XL 4.5G antara lain Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Jawa Tengah, Surabaya, dan Denpasar.

Sebagai perbandingan, per akhir tahun 2016, XL telah membangun 8.200 BTS 4G di sekitar 100 kota.

Meski belum tercover, masyarakat di sejumlah kota lain bisa merasakan layanan 4.5G dengan mengunjungi gerai Xplor dan XL Center.

XL mengembangkan 4.5G Xperience Zone, yang tersedia di 20 lokasi antara lain ada wilayah Jabotabek sebanyak 8 lokasi, Bandung, Cirebon, Yogyakarta, dan Surabaya. Lalu di luar Jawa ada di Denpasar, Mataram, Medan, Palembang, Pekanbaru, Makassar, Manado, dan Banjarmasin.

Sementara perangkat yang mendukung 4.5G juga masih sedikit dan mayoritas harganya tidak murah.

“Untuk mengetahui apakah perangkat pengguna mendukung atau tidak, datang aja ke 4.5G Xperience Zone di XL Center, bisa cek sendiri. Kalau mendukung, ikon di sinyal akan tertera 4G+. Tapi tidak semua handset sama,” papar Rahmadi.

Rahmadi menyebut Motorola Moto Z Play, LG G5, dan Samsung Galaxy S7 sudah mendukung jaringan 4.5G.

URL: http://selular.id/eX8ztM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here