Smartphone Terbaik di Harga Rp 4 – 5 Juta Selama 2016

Smartphone Terbaik di Harga Rp 4 – 5 Juta Selama 2016

3345

smartphone editors choice 4-5 jutaJakarta, Selular.ID – Ternyata tidak banyak pilihan smartphone terbaik di level harga Rp 4 – 5 juta. Bisa jadi ini karena rentang harga ini bisa dikatakan ‘nanggung’. Karena harga sudah melampaui harga segmen menengah, namun masih kalah mahal dibandingkan segmen harga high end.

Lain hal jika ada vendor yan berani mengeluarkan smartphone dengan fitur tinggi tapi dijual dengan harga di level Rp 4-5 juta. Itu akan menjadi daya tarik sendiri. Dari penelusuran Selular, smartphone di level harga ini yang diluncurkan selama tahun 2016 antara lain :

Asus Zenfone 3 (5,2 inch, memori 32 GB) : Rp4.099.000
Coolpad Max : Rp 4.999.000
Vivo X7 : Rp 4.900.000
Vivo V3 Max : Rp 5.000.000
Samsung Galaxy Tab A (2016) : Rp4.799.000

Dan dari smartphone tersebut, ternyata hanya Vivo V3 Max yang diluncurkan pada kurun waktu awal hingga pertengahan tahun 2016. Oleh karena itu khusus di level harga Rp 4-5 juta, Editors’ Choice dilakukan dari kurun awal hingga penghujun tahun 2016.

Samsung Galaxy Tab A (2016)
Setelah gagal merilis smartphone Galaxy Note 7 di Indonesia, Samsung mengeluarkan perangkat tablet bernama Galaxy Tab A (2016) yang juga dilengkapi dengan stylus S-Pen.

Galaxy Tab A (2016) with S pen dibekali dengan layar 10.1 inci dengan resolusi 1920 x 1200 pixel. Tablet juga diperkuat dengan prosesor octa-core 1.6GHz chipset Exynos 7870 dingan RAM 3GB RAM dan memori internal 32GB. Tablet ini masih memiliki slot memori eksternal microSD. Untuk fitur kamera tersedia kamera depan 8MP dan 2MP pada kamera depan. Berjalan diatas Android 6.0 Marshmallow, tablet ini mampu terhubung pada jaringan 4G LTE. Dilengkapi dengan baterai berkapasitas 7,300mAh, samsung mengklaim, tablet Galaxy Tab A (2016) mampu bertahan hingga 14 jam.

Galaxy Tab A (2016) datang dengan stylus S Pen yang digunakan pada Galaxy Note 7 jadi semua software yang ada pada smartphone tersebut juga tersedia pada tablet ini. Samsung Galaxy Tab A (2016) with S Pen dibanderol dengan harga Rp4.799.000,-, tabloid ini akan dibundling dengan IM3 Ooredoo, dengan bonus paket data hingga 24GB, 1GB iflix dan spotify, serta unlimited telp dan sms.

Asus Zenfone 3 ZE520KL
Strategi Asus untuk mengeluarkan smartphone berfitur tinggi namun dibanderol dengan harga lebih terjangkau dari pesaingnya, masih dilakukan. Ini dibuktikan dengan meluncurkan smartphone seri Zenfone 3. Smartphone dijual seharga seharga Rp4.099.000 untuk versi ukuran layar sentuh 5,2 inchi, memori internal 32 GB, RAM 3 GB dan baterai 3.000 mAh. Namun jika dilihat spesifikasi fiturnya sebenarya masih bisa bersaing dengan smartphone di harga Rp 5 jutaan.

Kamera menjadi salah satu fitur andalan Zenfone 3. Asus menyematkan sensor Sony IMX 298 . Selain itu juga disematkan teknologi OIS dan EIS untuk kondisi tremor atau gemetar saat menggunakan kamera. Asus ZenFone 3 juga mampu melakukan perekaman dengan kualitas 4K.

Kamera berresolusi 16MP di smartphone ini menggunakan aperture f/2.0 dan 6 element largan lens. Ini membantu menghasilkan gambar terbaik, termasuk saat dalam kondisi pencahayan kurang (low light mode).

Juga ada Laser auto-focus yang bisa membantu untuk mendapatkan fokus secepat 0.03 detik sehingga kita tidak akan melewatkan momen sesingkat apapun. Asus juga memanjakan dengan fitur phase detection auto-focus dan continuous auto-focus. Ketiga teknologi auto-focus tersebut membentuk teknologi yang disebut sebagai TriTech Auto-focus. Kamera juga dilengkapi PixelMaster 3.0, yaitu aplikasi kamera buatan Asus yang menyajikan banyak mode pemotretan mirip seperti yang ada pada kamera profesional.

Asus Zenfone 3 yang mengusung layar sentuh 5,2 inci Full HD berteknologi layar IPS Plus yang merupakan teknologi IPS anyar. Layar ini juga dilapisi lapisan pelindung layar terbaru dari Corning Gorilla Glass 4 , 80% lebih kuat saat terjatuh ke permukaan kasar dibanding sebelumnya.

Pada ZenFone 3, Asus menyematkan bahan dasar bodi aerospace grade alluminium alloy . Bodi ini juga berbalut lapisan kaca di sisi depan ataupun bagian belakang smartphone ini. Lapisan kaca ini juga dilapisi Corning Gorilla Glass. Kelebihan lain adalah layar ini tidak sepenuhnya flat tetapi sudah menggunakan 2.5D baik di bagian layar depan ataupun di bagian belakang. Hadirnya 2.5D Glass. Asus juga menyematkan fingerprint di bodi belakang. tidak hanya satu jari, pengguna bisa mendaftarkan hingga 5 jari untuk diidentifikasi pada fingerprint scanner ini.

Asus ZenFone 3 diperkuat oleh prosesor quad core Snapdragon 625 berkecepatan 2.0GHz dari Qualcomm. Mendukung prosesor performa tinggi, ASUS menyediakan RAM sebesar 3 sampai 4GB untuk lini produk ZenFone 3. Untuk menyimpan

aplikasi dan data, Asus menyediakan storage internal minimal sebesar 32GB. Kapasitas tersebut masih dapat ditingkatkan lewat slot MicroSD yang dapat menampung kartu dengan kapasitas hingga 2TB.

Asus ZenFone 3 sudah mendukung jaringan 4G LTE bahkan sudah yang versi 4G LTE Cat 7 yang menawarkan kecepatan download hingga 300Mbps. Smartphone ini juga sudah kompatibel dengan semua operator 4G di Indonesia.

Baca Juga:  Smartphone Terbaik 2016 Harga di Bawah Rp 1 Juta

Vivo V3 Max
Vivo menghadirkan smartphone terbarunya yaitu V3 Max. Smartphone ini memiliki konsep desain metal unibodi, dibalut dengan kombinasi warna putih dan gold. Bodinya dibentuk dengan material aluminium magnesium alloy.

Vivo membangun smartphone ini dengan layar berresolusi Full HD berukuran 5.5 inci yang berteknologi IPS. Berjalan diatas Android 5.1.1 Lollipop, V3 max juga menggunakan interface yang dikembangkan khusus oleh vivo, yakni Funtouch OS 2.5. Interfacenya sangat terinpirasi dari Apple IOS, karena hampir semua tampilannya sangat mirip dengan IOS.

Vivo V3 Max hadir dengan sensor sidik jari yang ditempatkan di bagian belakang bodi. Di seri ini dibenamkan kualitas audio terbaik dengan chip audio AK4375, ponsel ini diklaim mampu menghadirkan detail-detail suara dengan lebih baik dalam sebuah musik.

Vivo V3 max datang dengan CPU Octa core chipset Qualcomm’s Snapdragon 652 plus dukungan RAM 4GB RAM. Untuk menyimpan data, pengguna disediakan memori sebesar 32GB pada memori internal., jika terasa kurang masih dapat ditambahkan dengan menggunakan menggunakan kartu memori micro SD card slot hingga 128GB.

Untuk kebutuhan daya vivo telah membenamkan kapasitas baterai sebesar 3000mAH. Untuk mengisi ulang kembali vivo telah menyiapkan teknologi dual engine fast charging ( Quick Charge 3.0) yang memungkinkan untuk dapat mengisi dari 0% ke 50% dengan warktu hanya 30 menit.

Untuk urusan kamera, smartphone ini dibekali dengan sensor kamera 13MP yang didukung oleh teknologi assisted with PDAF (Phase Detection Auto Focus). Berkat teknologi ini kamera pada ponsel mampu menangkap auto fokus dengan cepat. Untuk dukungan penerangan, juga masih dibekali dengan LED flash. Didalamnya juga tersedia beberapa mode seperti: HDR, Ultra HD, Panorama, Night, PPT, Motion Track, Professional, Slow dan Fast. Untuk penggunaan kamera depan atau selfie, ponsel ini datang dengan lensa kamera 8MP. Vivo V3 Max sudah mendukung kemampuan jaringan 4G LTE untuk kedua slot SIM card-nya.

Vivo X7
Smartphone lain yang diandalkan Vivo untuk bersaing di pasar smartphone di Tanah Air, yaitu seri Vivo X7. Smartphone ini menjagokan kemampuan kamera selfie. Vivo X7 memiliki kamera depan untuk selfie dengan resolusi 16 Mpix dengan aperture f/2.0. Sedangkan kamera belakang nya ‘hanya’ berresolusi 13 Mpix dengan aperture f/2.2.

Vivo juga mengakomodir kebutuhan memotret di kondisi kurang cahaya atau low light. Yaitu dengan tidak lupa menyediakan lampu Flash baik untuk kamera depan maupun kamera belakang. Tidak hanya itu, kamera di kedua smartphone ini juga didukung teknologi dari Arcsoft agar hasil foto tetap terlihat tajam meski di kondisi low light.

Untuk tampilan desainnya, Vivo X7 membawa layar sentuh 5,2 inch dengan mengusung teknologi layar Super Amoled LCD dengan resolusi Full HD. Layar ini tersemat di bodi berbahan magnesium alumunium dengan ketebalan hanya 7,2 mm. Tidak lupa disematkan Fingerprint scanner di bodi belakang.

Untuk kinerjanya , smartphone ini sama-sama mengusung prosesor Qualcomm Snapdragon 652 berkecepatan 1,8 GHz serta didukung RAM 4 GB. Urusan kapasitas penyimpanan, Vivo dibekali memori internal 64 GB. Tidak ketinggalan tambahan memori eksternal berupa slot Micro SD yang bisa membaca kartu memori hingga kapasitas 256 GB.

Soal daya tahan hidupnya , smartphone bersistem operasi Andorid 5.1 Lollipop diselipkan baterai berkapasitas besar. X7 dibekali baterai berkapasitas 3.000 mAh. Vivo X7 dibanderol dengan harga sekitar Rp 4,9 juta.

Coolpad Max
Produsen smartphone asal Tiongkok, Coolpad menghadirkan smartphone terbarunya Coolpad Max. Fitur dual space menjadi andalan, yang memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan dua akun sekaligus. Coolpad Max pengguna bisa memisahkan keperluan bisnis maupun pribadi. Coolpad juga memanfaatkan teknologi enkripsi yang mampu menghadirkan perlindungan pada kedua sisi kehidupan.

Sayangnya, smartphone terbaru Coolpad ini belum mengusung teknologi 4G. Namun dengan prosesor octa core snapdragon 617 dan RAM seluas 4GB yang di sematkan di dalamnya pengguna dipastikan akan mendapatkan performa yang maksimal. Coolpad Max mempunyai dimensi yang tipis dengan ketebalan 7,6mm dan bobot 170gr serta ukuran layar 5,5 inch FHD. Layarnya dilindungi dengan corning gorilla glass 4 untuk melindungi layar curved glass 2.5D.

>> Dan yang menjadi smartphone terbaik harga Rp 3-4 juta sepanjang awal hingga pertengahan tahun 2016, yaitu :

Asus Zenfone 3 ZE520KL
Melihat dari kehandalan spesifikasi fitur dan disesuaikan dengan harga jualnya, di level smartphone seharga RP 4-5 juta, pilihan jatuh pada Asus Zenfone 3. Ini lantaran harga smartphone ini bisa dikatakan paling murah dibandingkan lainnya. Ditambah smartphone ini memiliki beberapa keunggulan. Seperti desainnya yang tampak mewah, dengan bodi kaca berlapis Gorila Glass. Belum lagi fitur kameranya yang membawa resolusi besar dengan sejumlah fitur pendukung yang mumpuni. Serta kinerjanya yang ditopang prosesor handal dan baterai berkapasitas besar.

smartphone editors choice 4-5 juta

URL: http://selular.id/xLaS6a