Deretan Smartphone Yang Masih Berstatus ‘4G Ready’

Deretan Smartphone Yang Masih Berstatus ‘4G Ready’

4g readyJakarta, Selular.ID – Beberapa smartphone baru yang dipasarkan di Indonesia mengusung label 4G Ready. Bagi yang awam, bisa saja mengira smartphone tersebut sudah bisa digunakan untuk akses 4G LTE, padahal belum. Jadi jangan terkecoh.

 

Pengguna perlu hari-hati jika ingin membeli smartphone berlabel 4G Ready. Karena sebenarnya secara default atau kondisi awal, smartphone tersebut belum bisa digunakan untuk mengakses 4G. Kemampuan mengakses 4G LTE sengaja dinonaktifkan, karena vendor smartphone tersebut belum memenuhi aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) yang ditetapkan pemerintah.

 

Nah, berikut ini smartphone yang statusnya masih 4G Ready :

 

Vivo V3 dan V3 Max

Belum lama ini Vivo, salah satu pemain baru di pasar smartphone Indonesia mengeluarkan produk terbarunya. Yaitu Vivo V3 yang disusul dengan seri Vivo V3 Max. Pihak Vivo sendiri saat ini masih dalam proses akhir dalam memenuhi persyaratan TKDN

 

Coolpad Fancy dan Max

Vendor ini sebelumnya menjadi salah satu pemasok smartphone Andromax. Kini Coolpad mencoba untuk mencoba sendiri menjajakan smartphone-nya. Belum lama ini Coolpad meluncurkan smartphone seri Coolpad Fancy dan Coolpad Max. Sayangnya kemampuan 4G masih terbentur aturan TKDN. “Sejatinya kami memiliki kemampuan teknologi itu (4G) yang diperlukan pengguna di pasar, namun berdasarkan regulasi di Indonesia saat ini kami belum bisa menyajikan produk 4G di pasar,” kata Natalie Chen, Director Branding, Coolpad Indonesia.

 

Flash Plus 2

Beberapa waktu lalu secara resmi terjadi perceraian antara brand Alcatel dan Flash. Sebelumnya Alcatel Flash kerap menjadi brand yang tak terpisahkan. Kini Flash mencoba hadir sendiri untuk brand smartphone. Dan sebagai produk pertama kalinya, diluncurkan Flash Plus 2. Secara keseluruhan kemampuan smartphone ini terbilang bagus, apalagi harganya yang terbilang terjangkau. Sayangnya kemampuan 4G nya juga masih ‘terikat’ aturan TKDN.

 

Infinix Hot 3 & Zero 3

Vendor yang juga asal Tiongkok ini juga terlihat agresif menyasar pasar smartphone di Indonesia. Beberapa smartphone yang sudah ‘dilempar’ ke pasar antara lain Infinix Hot 3 dan Infinix Zero 3. Namun lagi-lagi vendor ini masih dalam proses memenuhi aturan TKDN. Sehingga smartphone-nya juga masih berstatus 4G Ready.

 

Xiaomi Note 3 

Sebenarnya Xiaomi sudah terbilang sukses memikat pasar smartphne di Indonesia. Beberapa smartphone yang dilepas ke pasar terbilang laris dan digemari pengguna. Namun belakangan ini geliat vendor asal Tiongkok mulai lesu. Lantaran juga terhadang oleh aturan TKDN. Termasuk smartphone terbarunya, Xiaomi Note 3, yang kemampuan 4G nya belum bisa digunakan.

 

OnePlus X 

OnePlus menjadi vendor yang harus menyerah lantaran tidak bisa memenuhi ketentuan TKDN. Beberapa waktu lalu OnePlus memutuskan untuk hengkang dari Indonesia, alias tidak lagi mengeluarkan produk terbaru. Namun OnePlus sempat merilis smartphone terbaru yang statusnya juga masih 4G Ready, yaitu OnePlus X

URL: http://selular.id/WtfoK1