Enam Karya Anak Bangsa Ini diakui Dunia

Enam Karya Anak Bangsa Ini diakui Dunia

SHARE

CatfizJakarta, Selular.ID – Sebagian besar aplikasi populer di dunia memang berasal dari luar negeri. Tapi bukan berarti pengembang Indonesia kalah populer dari developer global, pasalnya ada sejumlah aplikasi buatan dalam negeri yang juga berhasil menyedot perhatian dunia.

Tercatat ada enam apalikasi lokal yang cukup popular, berikut aplikasinya.

1. Kaskus

Kaskus adalah situs forum komunitas maya terbesar dan nomor satu Indonesia dan penggunanya disebut dengan Kaskuser.Kaskus lahir pada tanggal 6 November 1999 oleh tiga pemuda asal Indonesia yaitu Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi Dharmawan, yang sedang melanjutkan studi di Seattle, Amerika Serikat. Situs ini dikelola oleh PT Darta Media Indonesia. Menurut Alexa.com, pada bulan September 2011 Kaskus berada di peringkat 251 dunia dan menduduki peringkat 7 situs yang paling banyak dikunjungi di Indonesia

2. PicMix

Aplikasi besutan Inovidea Magna Global ini cukup populer bagi orang-orang yang gemar mengedit foto. Meski termasuk aplikasi populer, masih ada sejumlah orang yang tak tahu PicMix adalah buatan pengembang Indonesia.

Seperti sejumlah aplikasi pengeditan dan berbagi foto, PicMix juga memiliki berbagai fitur, termasuk Photo Editors, Photo Collage, dan Cure Stickers. Pengguna juga bisa membagikan foto mereka yang sudah diedit ke jejaring sosial seperti Facebook dan Instagram.
Kesuksesan PicMix tidak hanya menjadi sorotan di Indonesia. Pemberitaan soal aplikasiini juga pernah dibuat oleh media asing seperti Tech Crunch. Berdasarkan keterangan di App Store, PicMix telah diunduh oleh 30 juta pengguna di seluruh dunia.

3. Go-Jek

Aplikasi ride-sharing ini memang baru tersedia di Indonesia, tapi kesuksesannya berhasil menyedot perhatian media asing, seperti Reuters dan Wall Street Journal. Go-Jek saat ini tersedia untuk pengguna perangkat Android dan iOS.Berdasarkan data pembaruan aplikasi pada akhir Juni 2017, jumlah unduhan Go-Jek berkisar antara 10 sampai 50 juta. Mengutip data dari App Annie, menyebutkan jumlah pengguna aktif mingguan Go-Jek berkisar 10 jutaan.

4. Ramen Chain

Ramen Chain adalah game mobile besutan pengembang lokal, Touchten Games. Perusahaan game ini didirikan pada 2009 oleh Anton Soeharyo, Roki Soeharyo, dan Dede Indrapurna.

Salah satu game Touchten Games yang paling populer adalah Ramen Chain. Aplikasi ini pernah menduduki peringkat satu kategori Free App di Singapura, Indonesia, dan Filipina. Selain itu juga pernah menduduki peringkat tiga Free App di Taiwan, Hong Kong, Malaysia, dan Thailand.

Ramen Chain tersedia di App Store dan Google Play Store. Jumlah unduhan Ramen Chain di Google Play Store berkisar antara satu juta hingga lima juta.

5.Catfiz Instant Messenger

Di tengah demam aplikasi instant messaging yang kian digandrungi masyarakat, anak muda Surabaya berhasil membuat aplikasi Catfiz Instant Messenger yang ternyata telah digunakan oleh kurang lebih empat juta pengguna. Aplikasi tersebut mulai dikenal para pengguna gawai berbasis Android.

6. Icon Pop Quiz

Alegrium, sebuah perusahaan yang berkantor di Jakarta telah membuktikan bahwa Indonesia pun sebenarnya bisa bersaing dengan luar negeri di bidang Teknologi Informasi. Dengan berprinsip pada “kebahagiaan” perusahaan ini membuat game untuk smartphone bernama Icon Pop Quiz.

Game Icon Pop Quiz ini cukup mudah untuk dimainkan. Pemain hanya perlu menebak nama ikon yang muncul, bisa dari nama orang, film, brand, ataupun karakter fiktif. Ketika berhasil menebaknya, kamu akan mendapatkan poin yang akan diakumulasi. Game ini pernah menjadi salah satu aplikasi “Top Free”dan menduduki peringkat pertama di beberapa negara misalnya Inggris, Australia, Kanada, Filipina dan (pastinya) Indonesia.

URL: http://selular.id/8iMTB2