Twitter Tambah Fitur Mute untuk Cegah Troll dan Pelecehan

Twitter Tambah Fitur Mute untuk Cegah Troll dan Pelecehan

SHARE

Twitter-steps-into-gaming-world-to-live-stream-e-sportsJakarta, Selular.ID – Media sosial merupakan ajang tak terbatas bagi pengguna untuk menyalurkan ekspresi dengan leluasa di dunia maya. Namun ada saja oknum tak bertanggung-jawab yang memanfaatkan platform media sosial untuk kepentingan pribadi atau kelompoknya, yang mengganggu ketenangan netizen.

Hampir semua platform medsos besar seperti Facebook dan Twitter, mempunyai fitur “Mute” untuk memblokir akun yang dirasa mengganggu. Nah, mulai hari ini, Twitter menambah kemampuan mute mereka di aplikasi mobile-nya.

“Fitur mute di Twitter sudah ada sejak dulu, tapi mulai hari ini, fitur itu diperbarui. Pengguna bukan hanya bisa me-mute akun yang diikuti, tapi juga akun yang tidak diikuti,” kata Cipluk Carlita, Communications Manager, Indonesia & Philippines, Twitter, melalui pesan singkat kepada Selular.ID (11/7/2017).

Dengan begitu, perusahaan mengumumkan bahwa aplikasinya sekarang mampu mencegah troll (akun/postingan yang memancing emosi/amarah) dan pelecehan online. Kumpulan filter pemberitahuan baru sekarang tersedia untuk pengguna Twitter di Android dan iOS, yang memungkinkan mereka menonaktifkan akun yang dianggap sebagai troll.

Sebelum menggunakan filter yang baru ditambahkan ini, perlu dicatat bahwa Anda dapat membungkam akun Twitter yang menurut Anda perlu dilakukan. Mulai hari ini (11/7/2017), pengguna Twitter dapat menonaktifkan pemberitahuan dari jenis akun berikut menggunakan opsi baru di setelan filter lanjutan:

– Akun yang baru (yang tidak Anda ikuti)
– Akun yang tidak mengikuti Anda (yang tidak Anda ikuti)
– Akun yang tidak Anda ikuti
– Akun dengan foto profil default (yang tidak Anda ikuti)
– Akun tanpa alamat email yang dikonfirmasi (yang tidak Anda ikuti)
– Akun tanpa nomor telepon yang dikonfirmasi (yang tidak Anda ikuti).

Meskipun filter baru tidak serta merta menghentikan akun untuk melancarkan aksi troll di Twitter, setidaknya Anda kini bisa terhindar dari publikasi tersebut saat membuka lini masa. Perubahan baru tersebut udah tersedia pada platform Android dan iOS, dan akan bergulir dalam beberapa hari mendatang.

URL: http://selular.id/gPfxRV