KPAI Luncurkan Aplikasi Mencegah Kekerasan Pada Anak-anak

KPAI Luncurkan Aplikasi Mencegah Kekerasan Pada Anak-anak

pandawa care pic
Jakarta,Selular.ID – Melihat kondisi itu, dengan maraknya kekerasan terhadap anak KPAI (Komisi Perliundungan Anak Indonesia) tidak tinggal diam. Dengan semakin tumbuhnya pengguna smartphone dan kemajuan teknologi, KPAI memanfaatkan itu. Yaitu dengan meluncurkan aplikasi untuk mencegah kekerasan terjadi kepada anak.

Aplikasi tersebut bernama Pandawa Care. Melalui Pandawa Care, masyarakat tidak hanya bisa berkonsultasi online tentang cara perlindungan anak, melainkan mereka juga bisa melakukan pengaduan kekerasan kapanpun selama 24 jam.

Asrorun Niam wakil ketua KPAI menjelaskan bahwa dalam aplikasi ini, masyarakat bisa berkonsultasi mengenai cara perlindungan anak, “Selain itu, bisa juga memberikan pengaduan online kepada server yang aktif selama 24 jam. Pengadu nanti bisa menyertakan alamat dan jenis pelanggaran atau kekerasan yang diterima.” Ujar Asrorun Niam dalam keterangannya.

Tak hanya itu, aplikasi tersebut juga akan menjadi pusat data informasi perlindungan anak Indonesia. Begitu menerima data dan laporan, tim akan langsung terjun ke lokasi bersama pihak kepolisian. Pandawa Care sendiri sudah bisa diunduh melalui Play Store di ponsel Android dan iOS.

Kekerasan terhadap anak meningkat tajam dari tahun ke tahun. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) per April 2015, mencatat, terjadi 6006 kasus kekerasan anak di Indonesia.Angka ini meningkat signifikan dari tahun 2010 yang hanya 171 kasus. Sementara pada tahun 2011, tercatat sebanyak 2179 kasus, 2012 sebanyak 3512 kasus, 2013 sebanyak 4311, dan 2014 sebanyak 5066 kasus. (edk)

URL: http://selular.id/1Fn3Cr