SHARE

UC BrowserTiap perangkat Android sudah dibekali peramban bawaan Google. Namun tidak sedikit pengguna yang “menyusahkan diri” untuk menginstal aplikasi peramban lain yang dirasa lebih nyaman untuk berselancar di layar mungil pribadinya. Nah peramban apakah yang paling diminati pengguna handset Android Indonesia?

Di antara puluhan atau bahkan ratusan aplikasi mobile browser yang tersebar di toko konten Play Store, adalah UC Browser yang menduduki posisi teratas dengan jumlah unduhan mencapai lebih dari 50 juta download secara global. Bahkan, perusahaan mengaku menduduki peringkat kedua dalam “Top Free Android Apps” di Google Play Store Indonesia. Ketika kami selidiki, peringkat UC Browser sudah menurun dua peringkat menjadi posisi 4 pada 17 Desember 2014. Kendati demikian, UC Browser masih menjabat aplikasi mobile browser yang paling banyak diunduh untuk Android di Indonesia.

Disusul Firefox Browser yang menempati peringkat kedua dengan jumlah unduhan kurang lebih sama, di atas 50 juta download. Baru kemudian diikuti Web Browser & Explorer, CM Browser, dan Dolphin dalam daftar lima besar. Masuk dalam Top 10 aplikasi mobile browser juga termasuk Chrome, Baidu, Opera, dan One.

Pencapaian UC Browser yang bertengger di puncak sudah diprediksi sebelumnya. Pasalnya, popularitas aplikasi terus meningkat sejak beberapa bulan ke belakang dalam platform Android, dan mencapai puncaknya saat ini. Hal tersebut lantaran kampanye perusahaan yang giat dilakukan di Tanah Air sejak Piala Dunia 2014.

Sebagai peramban, UC Browser sendiri menawarkan keunggulan yang sama dengan yang dimiliki Opera Mini, yakni High-Speed Browsing dengan teknologi kompresi yang menjadikan pengalaman browsing lebih cepat dan konsumsi data yang lebih hemat. Tak hanya itu, UC Browser juga mengandalkan User Interface sederhana yang memungkinkan penggunaan yang mudah, Smart Downloading, FB Faster Add-On yang memungkinkan akses tercepat untuk Facebook, dan fasilitas bagi pengguna untuk mempersonalisasi tema dan tampilan di dalam aplikasi.

Top Free App 17 DesSeperti yang kami sebutkan di atas, kalau dilihat secara umum, aplikasi peramban ini masih kalah pamor dengan aplikasi lain, terutama layanan pesan instan. Di Indonesia, daftar Top 10 App didominasi aplikasi messaging. Adalah BBM, Facebook Messenger, Line, dan WhatsApp yang menjadi penghuni tetap daftar aplikasi terpopuler. Di antaranya juga ada aplikasi Facebook, Clean Master, dan Camera360 Ultimate.

URL: http://selular.id/nwNyU